Kadesa Cendi Manik, Tingkatkan Potensi Petani Melalui Ini



JournalNTB.com, Lombok Barat -- Pembangunan Embung Desa di Dusun Seramban Sayong Desa Cendi Manik Kecamatan Sekotong menjadi prioritas bagi Kepala Desa Cendi Manik. Program pembangunan Embung tersebut menelan biaya sebesar Rp.250 juta dengan Alokasi Dana Desa ( ADD) Tahun 2018.

Pembangunan Embung Desa ini menjadi prodak unggulan Desa, di samping menjadi tuntutan wajib dari pemerintah pusat saat ini, dan kaitannya dengan Embung Desa ini berdasarkan hasil musyawarah Desa ( Musrenbang ) tahun 2017 dengan anggaran Rp. 250.000.000 ( Dua Ratus Lima Puluh Juta ). 
Mengingat  perkembangan perekonomian masyarakat Desa terutama di bidang pertanian," Langkah ini sebagai bentuk utama kita selaku pelayan masyarakat mengangarkan dana desa untuk membangun embung pertanian, dan tentunya dengan cara musyawarah." Imbuh Marne selaku kepala desa. Jum'at.31/8.

Mengingat kultur dan geografis lahan pertanian di Desa Cendi Manik hampir 100% lahan tersebut merupakan lahan tadah hujan, di samping itu juga potensi masyarakat setempat merupakan mayoritas petani berkelanjutan.

" Kami sangat mendukung usulan - usulan warga kami karena ini merupakan wahana aset bagi petani di dusun seremban dan ini sangat potensi apabila kita membuat embung, soalnya yang dulunya hanya menanam padi hanya sekali dan insyalallah tahun ini petani bisa menanam dua bahkan bisa tiga kali di musim ini." lanjutnya.

Selain melalui program Dana Alokasi Desa (DD) yang di gelontorkan untuk membangun Embung tersebut, Marne juga tidak menampikkan, hasil kerja sama pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian di wilayahnya telah banyak melakukan pembuatan Embung, dan sumur dangkal namun masih tidak mencukupi kebutuhan petani," lebih - lebih di musim kering seperti sekarang air agak sulit, makanya dengan ada dana desa ya bisa kita bantu pemda terutama dinas pertanian untuk membuat embung." Jelas Marne.

Kendati demikian Marne juga berharap, dengan pembuatan embung Desa ini tentunya nanti masyarakat akan bisa memanfaatkan guna meningkatkan perekonomian serta dapat mengantisipasi kekeringan," Ya sesuai dengan komitmen pemerintah daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa lewat pertanian."

Selain Marne, Sahri selaku warga setempat memaparkan dirinya sangat mendukung pemerintah Desa untuk membangun Embung Desa tersebut, terlebih di wilayahnya adalah sumber hulu irigasi yang di buat oleh Dinas Pertanian Lombok Barat bisa di manfaatkan," Dan tentunya nanti bisa mengairi sawah sekitar 45 Ha, dan petani wilayah seramban bisa melakukan penggarapan padi dua sampai tiga kali semusim karena airnya gak akan bisa kering, dan dengan ide cemerlang pemerintah desa ya kami selaku petani setempat menghibahkan tanah ini untuk di gunakan tempat pembuatan embung seluas 2 Are." Cetusnya. (lalu).

0 komentar:

Posting Komentar