DPRD, BERSAMA PEMDA LOBAR BERSINERGI MENURUNKAN ANGKA KEMISKINAN

JOURNALNTB.COM, Lombok Barat – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Barat, bersinergi dalam upaya penurunan angka kemiskinan di wilayahnya. Kekompakan itu kembali digaungkan dalam Dialog Interaktif Membangun Lombok Barat, Kamis (29/11), di Lobi Kantor DPRD setempat.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Lombok Barat Imam Kafali, S.Pd. mengungkapkan, bukti adanya sinergitas itu yakni ditetapkannya Peraturan Daerah (Perda) Lombok Barat tentang Kemiskinan.

"Dalam menurunkan angka kemiskinan, bentuk sinergi kita salah satunya penetapan perda. Kemudian ikut mendorong program-program atau bantuan, yang dikhususkan untuk masyarakat miskin," ungkapnya.

Dikatakannya, seharusnya perda yang telah dibuat dan ditetapkan itu tidak hanya untuk jangka pajang, namun juga mengataur kebutuhan yang sifatnya emergency (mendesak dan mendadak).

"Kami juga ingin pemerintah agar memikirkan untuk kebutuhan, yang bisa saja datang secara tiba-tiba dibutuhkan masyarakat miskin," pungkasnya.

Sementara Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lombok Barat Dr. Haji Baehaqi,  selaku perwakilan pemda mengakui bahwa selama ini penurunuan angka kemiskinan di Lombok Barat, terkesan lamban dikarenakan telah mencapai puncak penurunan.

"Saat ini angka penurunan kemiskinan Lombok Barat hampir mencapai puncak. Nah, biasanya sama halnya kita mendaki, ketika mau mencapai puncak di sana tenaga kita sudah terkuras," ujarnya.

Demikianlah perumpamaan kemiskinan di Lombok Barat, yang akhir-akhir ini cenderung melambat. Menurut Baihaqi, untuk menyelesaikan atau menuntaskan upaya penurunan, pemda telah menyiapkan program untuk mencapai puncak itu.

"Selama ini sinergitas dengan legislatif sudah terjalin bagus. Karena setiap program yang akan kita jalankan untuk mendorong penurunan kemiskinan, selalu didukung oleh pihak legislatif. Buktinya, perda nya sudah ditetapkan," pungkasnya. (Llu)

0 komentar:

Posting Komentar