Ely Solihin : Indonesia Darurat Sakit

99,9 % Warga Negara Indonesia Dalam Keadaan Sakit.

Opini-Journalntb- Dalam laporan Credit Suisse Research Institute yang bertajuk Global Wealth Report 2017 tercatat 111 ribu penduduk Indonesia masuk dalam kategori orang kaya dengan kekayaan bersih (High Net Worth/HNW) di atas US$ 1 juta atau setara Rp 13,5 miliar.  Dari jumlah tersebut 868 orang masuk kategori super tajir (Utra Hight Net Worth/UHNW) dengan kekayaan bersih lebih dari US$ 50 juta (Rp 675 miliar).

Menurut World Health Organization (WHO) adalah suatu keadaan yang sempurna secara fisik, mental dan sosial, bukan sekedar terbebas dari penyakit atau kelemahan. (A state of complete physical, mental and social well-being and not merely the absence of desease or infirmity). Definisi tersebut sudah digunakan sejak tahun 1947 (Sudah lebih adri 50 Tahun) dan tertulis pada Preambule Konstitusi WHO.

Definisi Sehat menurut UU No. 23 Tahun 1992 dan dimuat lagi pada UU No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan, menyatakan bahwa kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan hidup produktif secara sosial dan ekonomi.

Sepintas definisi sehat tersebut terlihat sangat baik karena melibatkan 3 aspek sekaligus yaitu fisik, mental, sosial dan ekonomi. Namun yang menjadi ganjalan adalah kata "complete" atau sempurna yang mengawalinya, karena kata tersebut membuat sulit sekali seseorang menggapai kategori sehat. Seorang manusia sangat sulit (bahkan tidak mungkin) menggapai kesempurnaan atau kondisi sempurna. Definisi WHO juga menekankan pada aspek kebahagiaan (mental/sosial) sebagai indikator kesehatan, padahal kesehatan dan kebahagiaan adalah dua hal yang berbeda. Orang yang tidak sedang mengalami penyakit tertentu belum tentu bahagia, begitupun orang yang sedang sakit bisa saja mengalami kebahagiaan karena hal tertentu. Kebahagiaan lebih kepada pengalaman hidup yang sedang dijalani atau dilalui, seperti situasi alam Indonesia yang tidak menentu. Jika kita memakai definisi sehat WHO dan UU No 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan  serta mengacu pada laporan Credit Suisse Research Institute yang bertajuk Global Wealth Report 2017 tercatat hanya 111 ribu penduduk Indonesia masuk dalam kategori orang kaya atau hanya 1 % warga negara Indonesia dalam  keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan hidup produktif secara sosial dan ekonomi. (*)

                             

0 komentar:

Posting Komentar