Kasta NTB Sesalkan Laporan Bupati KLU Terhadap Pegiat Sosial

Loteng-(Journalntb.com)-Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) Kasta NTB menyesalkan sikap Bupati Kabupaten Lombok Utara (KLU) H. Najmul Akhyar yang melaporkan Restu Adam EF ke polda NTB atas tuduhan penghinaan pribadi.

Ketua Kasta NTB, Lalu Wink Haris menilai sikap Bupati KLU tidak mendidik dan tidak welcome terhadap masyarakat, "Apa yang dilakukan Bupati KLU adalah cerminan pemimpin yang arogan dan anti kritik,". tegasnya saat dikonfirmasi, Sabtu (29/3).

Jika kita cermati, Imbuhnya, Substansi tulisan  Restu Adam yang disampaikan melalui akun Media Spsial (Medsos) adalah bagian dari kritik yang konstruktif melihat lambannya penanganan korban gempa oleh pemkab KLU, dan itu seharusnya dijadikan stimulus untuk lebih semangat lagi menuntaskan persoalan rakyat yang dipimpinnya bukan sebaliknya over reaktif dan melaporkan kritik sbagai pencemaran nama baik.

Sebaiknya, Lanjut pria yang akrab disapa Wink, Bupati KLU mundur saja jika memang tidak siap menerima kritik masyarakat. Good govermence itu harus dipimpin oleh seseorang yang welcome terhadap semua kritik, bukan justru yang bermental eksklusif dan anti kritik. Ini sangat berbahaya jika seorang penguasa terlalu sensitif memaknai kritik dan mengambil opsi pembungkaman suara suara kritis melalui instrumen alat negara. Pemimpin yang bijak justru rindu dikritisi bukan justru maniak puja puji, memaknai kritik itu sebagai obat pahit yang menyegarkan.

Zaman sekarang, kata dia, adalah dimana peran serta masyarakat dalam pengawasan proses pembangunan melalui masukan dan kritik justru sangat dibutuhkan dan bila perlu dibuka selebar lebarnya, " Kok malah ada pemimpin yang alergi kritik, Ini memalukan sekali " tegasnya.(**)

0 komentar:

Posting Komentar