Tim Wasev Kunker, Dansatgas TMMD ke 104 Berikan Paparan Program TMMD

Dompu -(Journalntb.com)-Dandim 1614/Dompu Letnan Kolonel Czi Arief Hadiyanto, S.IP., selaku Komandan Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 tahun 2019 memberikan paparan kepada tim pengawas dan evaluasi (Wasev) dari Mabes TNI AD yang dipimpin Brigadir Jenderal TNI Hendrawan, S.IP., Posko Utama Aula Kodim 1614/Dompu, Kamis (21/3).

Dalam paparannya, Dansatgas menyampaikan sasaran fisik dan non fisik program TMMD ke 104 Kodim 1614/Dompu di Desa Lanci Jaya dan Desa Tekasire Kecamatan Manggelewa yang sudah mencapai...persen.

Selain itu, Dansatgas juga menyampaikan beberapa bangunan yang menjadi over prestasi program TMMD ke 104 Kodim 1614/Dompu diantaranya pembangunan rumah penyandang disabilitas dan pembuatan tempat wudhu di masing-masing Musholla.

Sedangkan Ketua tim Wasav Bengkeng TNI Hendrawan memberikan apresiasi atas respon Pemeritah Daerah terhadap program TMMD di Kabupaten Dompu.

"TMMD yang seharusnya belum waktunya namun Pemda merespon dengan baik, bahkan dengan dana terbesar di tingkat Kodam IX/Udayana," ujarnya.

Brigjen TNI Hendrawan kemudian menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakannya TMMD untuk membantu pembangunan daerah khususnya desa terisolasi sesuai dengan program pemerintah yakni pembangunan dari pedesaan.

Menurutnya, program fisik yang sudah dikerjakan bisa bermanfaat bagi masyarakat dengan harapan agar tetap dipelihara dan rawat sehingga masa pakainya bisa bertahan lama.

"Khusus untuk pembukaan jalan, agar Pemda  meningkatkan mutu yang sudah ada menjadi jalan yang diperkeras atau aspal sehingga badan jalan yang sudah ada tidak hilang karena curah hujan yang cukup tinggi karena dampaknya juga akan lebih bagus khususnya kepada para petani," harapnya.

Selain itu, Bintang Satu tersebut juga menekankan untuk program non fisik tidak hanya dilaksanakan dalam TMMD saja, namun agar dilakukan evaluasi dan pengecekan setelah diberikan penyuluhan sehingga bisa dilakukan langkah-langkah berikutnya terkait efek dari penyuluhan tersebut, seperti Narkoba.

"Segera rampungkan semua program sesuai dengan bestek awal sehingga semua pekerjaan tuntas dengan baik sebelum penutupan," tutupnya.

Sementara Bupati Dompu Drs. Bambang M. Yasin mengucapkan terimakasih atas kerjasama TNI yang selama ini sudah memberikan kontribusi positif kepada pemerintah daerah.

Bupati Dompu kemudian menyebutkan salah satu peranan Kodim Dompu dalam medukung program penanaman jagung hingga sekarang Kabupaten Dompu bisa mengekspor jagung ke Philipina sehingga program jagung mampu menurunkan angka kemiskinan di NTB khususnya di Kabupaten Dompu.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPRD Dompu Yuliadin S.Sos., menegaskan semua program sepanjang untuk kepentingan masyarakat, maka akan tetap mendukung program tersebut.

Kesempatan tersebut juga dihadiri tim Wasev dari Kodam IX/Udayana dan Korem, Forkopimda Dompu dan perwira jajaran Kodim 1614/Dompu.(**)

0 komentar:

Posting Komentar