"Taman Baca Masyarakat" Alternativ Perpus di Desa Wajageseng

Lombok Tengah-(Journalntb.com)-Berawal dari rasa khawatir makin pudarnya minat baca generasi muda zaman sekarang, sesosok Pemuda Desa menggagas sebuah wadah baca yang diberi nama " Taman Baca Masyarakat".

Pria tersebut adalah Hadinussobur asal Desa Wajageseng, Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah. Taman Baca yang digagasnya merupakan salah satu wujud uapaya menanamkan  budaya membaca sejak dini.

"Tempat ini (Taman Baca) doharapkan sebagai pemicu tumbuhnya minat baca, yang nantinya diharapkan sebagai budaya membaca sejak dini" terangnya, Minggu (7/4/).

Hadi, Sapaan akrab Alumni Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram mengaku, sudah lama menyibukkan diri mengumpulkan anak-anak sekitar untuk diajak bergabung dalam Taman Baca yang dibuatnya.

Mendirikan Taman Baca, dirinya mengaku tidak sendiri melainkan mengajak beberapa teman yang sefaham dan sama-sama memiliki keperihatinan yang sarasa.

"Melihat kondisi masyarakat yang masih kurang dalam budaya membaca khususnya di desa wajageseng, kami berinisiatif mendirikan Taman Baca Masyarakat sebagai wadah yang bisa diakses oleh masyarakat secara langsung " Ungkap hadi.

Membuat terobosan dan gagasan berilian, tentu tidak didapatinya begiti saja. Ternyata jiwa empati dan solidaritasnya memang sudah terbangun sejak  dirinya masih di bangku kuliah yaitu akitif diberbagai organisasi seperti Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU).

Taman Baca ini, katanya penuh harap, segera mendapatkan  support dari pemerintah Desa maupun swasta untuk menambah pengadaan buku bacaan  " Semoga kedepannya kami diberikan support berbentuk buku bacaan oleh pemerintah desa maupun Lembaga Swadaya yang bergerak di bidang pendidikan " Tambahnya.(**)

0 komentar:

Posting Komentar