Dijabat Kades Sementara, Pendamping Desa Terus Dampingi Desa Bunut Baok

Praya-(Journalntb.com)-Pemerintah Desa Bunut Baok Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah menyelenggarakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MUSRENBANGDes) penetapan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) 2020 dan Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah (DURKP) 2021 pada senin 23/9 bertempat di Aula Kantor Desa setempat.

Mewakili Tim Pendamping Desa Kecamatan Praya Ema Lestiawati, MM membeberkan bahwa ada desa yang melaksanakan Musrenbangdes sekedar seremonial menggugurkan kewajiban saja sehingga produk perencanaannya asal-asalan.

" Bagaimana tidak pelaksanaannya amburadul, apalagi pelaporannya. Karena itu kita dampingi agar tidak seperti itu",  tegasnya.

Kegiatan Musyawarah ini terlaksana berdasarkan Undang-Undang Desa 2014 dan Permendagri 114 Tahun 2014. sebelumnya telah didahului oleh kerja Tim Verifikasi selama satu bulan dan Tim Penyusunnya selama sepuluh hari.

Hadir dalam kegiatan ini sejumlah perwakilan elemen pemerintah dan masyarakat Desa, antara lain Kadus se-Bunut Baok, BPD, Lembaga Desa, Perangkat Desa. Sejumlah perwakilan lembaga pendidikan, lembaga kesehatan, dan lembaga lainnya juga turut hadir. Tidak tertinggal Tim Pendamping Desa Kecamatan Praya.

Lain pihak, Sekretaris Desa Bunut Baok Janaenah, menjelaskan perencanaan pembangunan Desa Bunut kita pastikan dilakukan secara partisipatif semua pihak. Kita mau untuk tahun 2020 ke depan lebih baik dari sebelumnya.

" Pelaksanaan itu kan tergantung perencanaan. Jadi dari sejak perencanaan kita maksimalkan betul untuk meminimalisir kesalahan pelaksanaannya ke depan ", tegasnya.

Dia juga mengapresiasi Tim Pendamping Desa Kecamatan Praya yang terus berusaha mendampingi kami mulai dari perencanaannya, pelaksanaannya, penatausaha annya, sampai pelaporan. terlebih Kepala Desa saat ini dijabat sementara oleh Camat Praya langsung. Kondisi seperti ini kan berat.

" Kami sangat butuh terus keberadaan Pendamping Desa ", ungkapnya.(**)

0 komentar:

Posting Komentar