Kapolres KSB Tegas Tindak PETI Diwilayah Perusahaan PT AMNT

Lokasi penambang emas ilegal

Sumbawa Barat.journalntb.com-
Kepolisian Resor Sumbawa Barat melakukan patroli sekaligus penertiban Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) sekitar perusahaan PT AMNT diwilayah Gunung Tongo Loka Kecamatan Sekongkang Kabupaten Sumbawa Barat. Pada kamis.(28/11/2019)

Dalam kesempatan ini Kapolres Sumbawa Barat AKBP Mustofa Sik MH memimpin langsung penertiban terhadap penambang emas tanpa izin (Peti) diwilayah lingkar tambang perusahaan yang melibatkan anggota TNI dan Polri guna menjaga kondusifitas keamanan wilayah.

Hal ini Kapolres Sumbawa Barat menegaskan sebelumnya TNI dan Polri sudah melakukan tahapan sosialisasi dan penertiban di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat dan lokasi lingkar tambang PT AMNT di Kecamatan Sekongkang.

"Kami akan lakukan tindakan tegas bagi penambang ilegal seperti PETI yang tidak mengantongi surat izin tambang karena itu melanggar hukum.Tapi penambang mengantongi izin sebagai tambang legal maka kepolisian tidak berani melakukan penindakan tersebut karena sudah sesuai presedur" kata Kapolres berpangkat melati dua di pundaknya

Lanjut Kapolres, Silahkan masyarakat menambang di Kabupaten Sumbawa Barat dengan sesuai prosedur yang berlaku,kalau tidak ada izin saya tidak segan-segan akan melakukan tindakan, karena konservasi hutan dan lingkungan sangat penting.

" kita melakukan pencegahan dini untuk PETI dan mari kita kerjakan sama-sama serta hindari bentrokan dengan para penambang, sedangkan penambang  emas ilegal kebanyakan dari luar KSB bukan orang KSB."jelasnya

Sebelum dilakukan penertiban dilokasi, didepan kantor desa tatar sempat terjadi penghadangan terhadap pertugas gabungan yang dilakukan oleh 75 orang pelaku penambang ilegal. Pihak kepolisian melakukan negosiasi agar jalan dibuka kembali apabila para penambang tetap melakukan penghadangan maka pihak kepolisian akan melakukan tindakan tegas sesuai aturan yang berlaku.Akhirnya jalan berhasil dibuka kembali.

Penertiban yang disertai tindakan tegas pelaku penambang emas ilegal dilokasi PT AMNT dipimpin langsung Kapolres Sumbawa Barat AKBP Mustofa S.ik,M.H. Kasat Reskrim AKP Muhaemin S.H,S.ik. Kasat Sabhara IPTU Arman Wijaya.KBO Intelkam.Kasubden IV Den A Sekongkang . Kapolsek Sekongkang. Anggota Gabunga polres KSB, Anggota Koramil Sekongkang.Anggota Dit Pam Ovit Polda NTB Dan perwakilan dari PT AMNT.(Rozak)


0 komentar:

Posting Komentar