TNI Polri Bersama Pemda KSB Memperingati Hari Pahlawan Ke 74 Dirangkaikan Hari Kesehatan Nasional

TNI - Polri Bersama Pemda KSB Memperingati Hari Pahlawan Ke74 Dirangkaikan Hari Kesehatan Nasional.

Pada pukul 07.45.wita Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat menggelar Upacara dalam rangka memperingati 10 November merupakan Hari Pahlawan ke 74 dan dirangkaikan Hari Kesehatan Nasional, Bertempat dilapangan graha fitra jln, Sukarno Hatta kompleks KTC Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat.Pada minggu(10/11/19)


Dalam upacara peringati hari pahlawan ke-74 Bupati Sumbawa Barat Dr.Ir.H.W.Musyfirin MM.Sebagai inspektur upacara meyerahkan hadiah kepada pemenang cerdas cermat tingkat sekolah dasar (SD), Penyematan Pin Bidan Desa berprestasi generasi sehat indonesia unggul. 

Penyerahan buku tabungan dan Atm/kartu tani dari BRI Cabang Sumbawa kepada Bupati Sumbawa Barat. Penyerahan Polis asuransi Usaha tani dari PT. Jasindo. Penyerahan Kur Tani dari BNI. Penyerahan Kursi Roda dari Dinas Sosial.
 

Dalam amanat Menteri Sosial yang dibacakan oleh Bupati Sumbawa Barat Dr.Ir.H.W.Musyafirin MM. menyampaikan, bahwa setiap tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan sebagai momen refleksi untuk memberi makna atas pengorbanan para Pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.

Peringatan tersebut, berdasarkan pada peristiwa 'Pertempuran 10 November 1945' di Surabaya, sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 dengan memakan korban jiwa yang cukup besar," ujarnya.

Lanjutnya, peristiwa tersebut, merupakan sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia Internasional, betapa segenap rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Bung Karno pernah menegaskan, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Kalimat singkat dari Bung Karno ini, memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua, bahwa tanpa pengorbanan dan perjuangan para Pahlawan serta perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah Negara yang bernama Republik Indonesia," ungkapnya.

tambahnya, peringatan Hari Pahlawan kali ini bertujuan membangkitakn semangat berinovasi bagi anak anak bangsa untuk menjadi Pahlawan Masa Kini, sebagaimana tema peringatan hari Pahlawan tahun 2019 ini, yaitu "Aku Pahlawan Masa Kini".

"Menjadi Pahlawan Masa kini, dapat dilakukan oleh siapapun Warga Negara Indonesia, dalam bentuk aksi aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax dan tidak melakukan perbuatan anarkis serta merugikan orang lain," pungkasnya


Dalam kegiatan memperingati hari pahlawan ke 74 turut hadir, Bupati KSB Dr Ir H W Musyafirin MM. Ketua DPRD KSB Kaharudin Umar. Dandim 1628/SB diwakili oleh Kasdim 1628/SB SB Mayor Inf Achmad Nurodin Hidayat S.Sos. Kapolres KSB AKBP Musrofa S Ik.MH. Kajari KSB Nusirwan SH, MH. Sekda KSB H. Abdul Azis SH MH. Para Asisten Pemda KSB. Para Kadis, Kabag dan Sekdis Pemda KSB.Para kabag, para Kasat dan Para KBO jajaran Polres Sumbawa Barat.Danramil 02/ Sekongkang Kapten Cba Agus SH. Danramil 03/Seteluk Kapten Inf I Nyoman Madi.Pasi Terdim 1628/SB Kapten Inf Baidawi. Pjs Pasi Persdim 1628/SB Lettu Arh Saeful Jumardan. Danki Brimob Sekongkang Iptu Sulaiman
Danpos AL Benete Pelda Dedi RMT. Peserta Upacara sekitar 500 orang.(Rozak)


0 komentar:

Posting Komentar