Tips Kesehatan,Ketika Kencing Anda Berwarna Merah


Oleh : dr. Akhada Maulana, Sp.U

Warna air kencing normal adalah jernih seperti air biasa. Terkadang bisa juga kuning muda atau pekat, bahkan berwarna pink atau merah, bila kita mengalami dehidrasi (kurang cairan) atau minum obat-obatan atau makanan tertentu. Khusus kencing berwarna merah, kita harus waspada. Bila kita habis mengonsumsi obat atau buah-buahan tertentu (pada beberapa kejadian karena buah naga), dan diberi minum air putih yang banyak, kemudian berangsur-angsur warna kencing kembali normal dengan cepat, maka hal itu tidak jadi masalah.

Yang menjadi masalah bila warna kencing tersebut merah, namun dengan tanpa sebab. Apalagi kita yakin merahnya akibat darah. Beberapa kejadian yang bisa menyebabkan hal ini adalah batu saluran kencing, infeksi saluran kencing atau tumor saluran kencing (ginjal dan kandung kemih).

Bila diakibatkan oleh karena batu dan infeksi, mayoritas akan ditandai dengan nyeri (pinggang, perut bawah atau saat kencing) atau bisa juga badan meriang hingga demam (untuk yang infeksi). Bila mengalami hal ini, sebaiknya segera ke dokter untuk memastikan. Pemeriksaan awal adalah dengan cek urine di lab. Bila curiga batu, maka minimal adalah dengan dilakukan usg urologi.

Sedangkan bila diakibatkan oleh tumor kandung kemih, maka gejala khas adalah kencing warna merah darah tanpa disertai nyeri. Kadang ada gumpalan darah. Hal tersebut juga akan dialami oleh pasien tumor ginjal, namun lebih sering disertai dengan rasa pegal di pinggang. Bila terjadi hal itu, sebaiknya langsung melakukan USG Urologi dan konsul ke dokter spesialis urologi setempat.

Sebagai tambahan, bila anda mengalami hal ini. Jangan melakukan travelling doctor atau berganti-ganti dokter. Bila sudah ke satu dokter umum dan tidak sembuh dengan obat, tetap berwarna merah kencingnya, maka tetap kembali ke dokter tersebut, dan minta rujukan ke dokter urologi setempat. Karena bila berganti dokter, dokter yang kedua tidak tahu riwayat penyakitnya, dan anda akan diobati lagi dimulai dari awal.


0 komentar:

Posting Komentar