Oknum PNS KSB Menjadi Calo Merekrut Tenaga Kerja di PT AMNT

Sumbawa Barat.journalntb.com-
Kepolisian Resor Sumbawa Barat mengamankan terhadap tiga orang laki-laki yang diduga telah melakukan tindak pidana penipuan terhadap seorang perempuan bernama Nurul Wahidah 40 tahun asal Desa Benete Kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat.

Kapolres Sumbawa Barat AKBP Herman Sutiyono S.I.K.M.H. Melalui PS Paur Subbag Humas Polres Sumbawa Barat Mayadi Iskandar menuturkan dua minggu sebelum penangkapan Kasat Reskrim Polres Sumbawa Barat AKP Muhaemin S.H,.Sik.Melayangkan surat panggilan terhadap 3 terduga untuk menjadi saksi. Setelah dilakukannya pemeriksaan sebagai saksi akhirnya pada hari Sabtu tanggal 15 Februari 2020 lalu Sat Reskrim melakukan Gelar Perkara dan pada hari itu juga ketiga terduga di tetapkan sebagai tersangka.

"Tersangka(SR),57 tahun,laki laki,PNS, asal Desa Belo, Kec, Jereweh, KSB.(MR) 44 tahun,laki laki,asal Desa kemuning, Kec, Sekongkang, KSB.(SL) 32 tahun,laki laki,asal Desa kemuning,Kec Sekongkang KSB."ujarnya

Muhaemin menerangkan Kronologi kejadian, pada bulan mei 2019 terduga pelaku SR menyuruh terduga pelaku MR dan SL untuk mencari orang yang mau mendaftar pekerjaan di PT. AMNT dengan diimingin akan diberikan surat rekomendasi dari Disnakertrans dengan persyaratan yaitu melengkapi dokumen berupa photo copy Ijazah,Kartu Keluarga, KTP, dan SKCK serta menyerahkan uang sejumlah Rp. 13.000.000. Kemudian terduga pelaku MR dan SL menghubungi korban dan memberitahukan bahwa akan ada penerimaan tenaga kerja di PT. AMNT dan akan diberikan surat rekomendasi dari Disnakertrans dengan syarat korban harus melengkapi persyaratan yang sebelumnya disampaikan oleh terduga pelaku SR.
                             Barang bukti

Lanjut,Setelah itu korban memberitahukan kepada saksi yang juga merupakan anaknya untuk melengkapi persyaratan tersebut. Kemudian pada hari sabtu tanggal 13 Juli 2019 setelah persyaratan yang diminta oleh terduga pelaku sudah dilengkapi oleh saksi, korban kembali menghubungi terduga pelaku MR dan SL dan memberitahukan bahwa persyaratan yang diminta sudah dilengkapi. Setelah itu terduga pelaku MR dan SL membawa saksi ke Kantor Disnakertrans untuk menemui terduga pelaku SR untuk menyerahkan persyaratan yang diminta termasuk  sejumlah uang Rp. 13.000.000 tersebut. Kemudian setelah sampai di Kantor Disnakertrans saksi menyerahkan persyaratan tersebut langsung kepada terduga pelaku SR. Namun sampai saat ini, saksi masih belum mendapatkan pekerjaan yang ditawarkan oleh terduga pelaku.

Ia menambahkan,setelah kejadian ini dilaporkan, ketiga terduga pelaku di panggil untuk menjadi saksi satu minggu lalu. Untuk menemukan titik terang, akhirnya Sat Reskrim melaksanakan Gelar Perkara pada hari sabtu, 15 Februari lalu dan di tetapkan sebagai tersangka di hari yang sama. Kemudian Anggota Sat Reskrim langsung menjemput tersangka di Rumah masing-masing tanpa melakukan perlawanan.

"Setelah di amankan petugas, barang bukti yang berupa tiga lembar kertas yang dua di antaranya merupakan 2 (dua) lembar surat rekomendasi dari Disnakertran, 2 (dua) lembar foto serah terima uang serta 1 (satu) bender Screenshot chat."pungkasnya

Selanjutnya para terduga pelaku dan barang bukti diamankan ke Mapolres Sumbawa Barat guna kepentingan penyidikan.(Rozak)


0 komentar:

Posting Komentar