Tips Supaya Tidak Tertipu Ketika Belanja Karbol Online

Sebuah studi yang telah dilakukan oleh Forrester menemukan jika pada saat saat mendekati waktu liburan, akan meningkatnya jumlah konsumen yang berbelanja secara online. Yang merasa senang tidak hanya situs situs web jualan saja, tetapi juga mereka para “garong digital” pasalnya kegiatan transaksi akan semakin banyak sehingga kemungkinannya akan semakin besar juga peluang mereka untuk bisa mendapatkan apa yang diinginkannya. 
Lalu bagaimana caranya supaya bisa terhindar dari gangguan para penjahat digital tersebut? Supaya tidak tertipu para penjahat digital, cobalah ikuti tips membeli karbol secara online dibawah ini : 
  1. Melakukan Riset Terhadap Situs Web Tempat Kamu Berbelanja 
Ketika kamu akan belanja pakaian secara online di web yang kamu sendiri kurang familiar, kamu harus periksa nomor teleponnya lalu hubungi. Jika dirasa tidak meyakinkan cobalah kamu kungjungi mesin pencari Google atau Yahoo lalu masukkan nama situs web tersebut. Carilah ulasan dari konsumen mereka, jika ditemukan ada yang tidak beres, kamu harus meninggalkan dan mengurungkan niat untuk belanja di situs web tersebut. 
2.                   Membaca Dengan Baik Baik Kebijakan Situs Web Terhadap Data Pribadi Kamu
Jangan sampai di kebijakan tersebut adanya poin yang mengatakan jika pengelola situs web tersebut boleh memberikan data pribadi kamu kepada pihak yang lainnya. Baca juga tentang kebijakan pengembalian barangnya. Karena barang yang akan dibeli tidak bisa dilihat fisiknya secara langsung, maka pastikan adanya garansi pengembalian barang jika nantinya ternyata barang yang dikirim cacat. Dengan adanya garansi tersebut pastinya kamu boleh mengirimkan kembali barang cacat tersebut untuk digantikan dengan barang yang baru atau uang kembali. 
3.                   Memeriksa Paket Barang Dengan Membaca Deskripsi Produk Baik Baik   
Kamu patut mencurigai barang bermerk yang dibandrol sangat murah atau dengan potongan harga yang sangat besar. 
4.                   Jangan Mudah Tergiur Dengan Barang Murah 
Sebaiknya kamu tidak mudah tergiur dengan penawaran barang berharga murah yang datang dari e-mail, terlebih lagi jika mereka meminta ID dan password tanpa izin dari pemilik e-mail, karena itu biasanya kerjaan dari spammer. Kamu harus berhati hati karena spammer ini bisa saja merayu. Mereka akan mengirimkan e-mail yang seolah olah seperti datang dari sebuah perusahaan yang baik baik. Ada baiknya kamu mengunjungi situs web perusahaan baik baik dan langsung berbelanja dari sana. Hindari melalui e-mail ataupun jendela pop-up.
5.                   Mencari Tanda Jika Situs Web Tersebut Aman 
Biasanya tanda itu berupa gambar gembok pada baris status atau status bar di browser. Sebaiknya kamu memeriksa terlebih dahulu ada tidaknya tanda tersebut sebelum memasukkan informasi pribadi. Ketika kamu diminta untuk memasukkan informasi pendaftaran nomor kartu kredit, cobalah dilihat alamat situs web-nya. Pastikan alamat situs web-nya berubah dari http ke “shttp” atau “https”. Ini berarti informasi pembayaran tersebut dienkripsi, jadi lebih aman. 
6.                   Amankan PC Kamu 
PC yang kamu miliki minimal harus memiliki antivirus. Tetapi jauh lebih baik lagi jika memiliki anti spyware dan firewall. Pastikan kamu mengupdate secara teratur peranti lunak keamanan tersebut supaya PC milikmu terlindung dari ancaman terbaru. Sebaiknya kamu mengatur proses update-nya secara otomatis. 
Selain itu masih ada tips lain supaya tidak tertipu ketika belanja online yaitu dengan mempertimbangkan cara pembayarannya. Biasanya pembayaran akan dilakukan dengan kartu kredit. Dengan menggunakan kartu kredit ini, kamu akan memiliki bukti jika sudah melakukan transaksi jika nantinya barang tidak diantar atau tidak sesuai dengan pesanan. 

0 komentar:

Posting Komentar