Satu Orang Diamankan, Polresta Mataram Bubarkan Pengunjung Pasar Burung Cakranegara

MATARAM.journalntb.com-Polresta Mataram membubarkan pasar burung di Jalan Panglima Cakranegara. Pembubaran ini dalam rangka antisipasi memutus mata rantai penyebaran virus corona. Kegiatan itu juga rangkaian operasi kesalamatan Gatarin 2020 Polresta Mataram. Giat itu dilaksanakan pada hari senin tanggal 6 April 2020 pukul 09.00 wita. 
Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polresta Mataram, Kompol Taufik. Juga menurunkan personel Sat Binmas Polresta Mataram. Personel Samapta Polresta Mataram dan Sat Lantas Polresta Mataram turut juga dikegiatan ini. Awalnya, petugas memberikan himbauan tertib berlalu lintas kepada masyarakat atau pengendara roda dua yang melintas. 
Selanjutnya menghimbau masyarakat atau pedagang di Pasar Panglima untuk menutup lapaknya. Mereka juga diminta untuk tidak melaksanakan kegiatan berkumpul dalam bentuk apapun. Kegiatan itu untuk mencegah penularan covid-19 yang dirangkai dengan giat operasi keselamatan Gatarin Polresta Mataram tahun 2020. '' Sudah kita bubarkan tadi pagi. Karena banyak yang berkumpul di sana,'' ungkap Kabag Ops Polresta Mataram, Kompol Taufik, Senin (06/04/2020). 
Pembubaran harus dilakukan kepolisian. Karena asal datangnya warga tidak bisa diprediksi. Warga yang ditemui kepolisian di lokasi kebanyakan membawa sangkar berisikan burung. '' Itu yang kita antisipasi. Karena banyak sekali mereka di sana,'' bebernya. 
Di samping itu, pasar burung di Jalan Panglima Cakranegara sudah diinstruksikan ditutup oleh Pemkot Mataram. Setelah diminta ditutup. Pasar burung ini masih nekat tetap buka sejak hari sabtu. Petugas tidak bisa membiarkan hal ini terus terjadi. Sehingga penutupan langsung dilaksanakan. '' Sejak hari sabtu saya lewat. Himbauan-himbauan juga sudah berlangsung. Sekarang sudah kami bubarkan. Nanti kami koordinasi juga satpol pp Kota Mataram. Karena banyak pedagang yang di atas trotoar. Itu juga kan melanggar. Akan kita tindak juga agar tidak mengganggu kelancaran lalu lintas,'' tuturnya. 
Karena tidak termasuk menjual barang kebutuhan pokok. Pasar burung di Jalan Panglima Cakranegara kedepannya tetap ditutup. '' Tetap ditutup. Yang jual ayam kita arahkan ke Pasar Sindu bergabung dengan yang jual sembako,'' kata Taufik. 
Dalam pembubaran itu. Seorang pedagang diamankan petugas. Ia bersikeras menolak untuk menutup dagangannya. Pemuda itu juga diketahui mengancam petugas. Oleh karena itu langsung diamankan petugas. '' Tapi sudah kita serahkan ke lurah untuk dibina oleh Bhabinkamtibmas setempat. Bahasanya juga tadi mengancam petugas,'' tegasnya.(shn)

0 komentar:

Posting Komentar