M Tauhid ,Pemda Harus Transparan Terkait Penggunaan Anggaran COVID-19.


PRAYA. Journal NTB.com
Ketua DPRD Kabupaten Lombok Tengah M Tauhid  SIP meminta Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah agar lebih transparan terkait penggunaan Anggaran untuk menangani Coronavirus Disease (Covid-19). Pasalnya, hingga saat ini Anggota DPRD tidak ada yang tahu berapa besar anggaran yang digunakan dan peruntukannya untuk apa. Dikatakan Anggota Dewan F Partai Gerindra itu, hingga saat ini pihaknya tak pernah mendapatkan rincian Anggaran penggunaan Covid-19 yang pasti. Padahal sudah ada 1,5 M  dana cadangan  Anggaran yang sudah kita sahkan. 
"Kita hanya tahu ada Anggaran. Pertama sekitar Rp 1 milliar, Tapi angka pastinya semua kami juga tidak tahu. Ini yang kami minta pemerintah juga mau transparan," tegas M Tauhid Senen (25/5/2020).

Pimpinan DPRD itu juga  mengatakan, walaupun ada aturan jika penggunaan anggaran darurat bisa dilakukan oleh kepala daerah dengan pertanggung jawaban menyusul, tetapi setidaknya ada transparan Anggaran yang juga diketahui oleh semua  DPRD maupun masyarakat Loteng. Ia meminta Pemerintah agar lebih transparan terkait peruntukan Anggaran untuk menangani Coronavirus Disease (COVID-19). Pasalnya, hingga saat ini tidak ada yang tahu berapa besar Anggaran yang digunakan dan peruntukannya untuk apa. 'Paling tidak kami sebagai Anggota dewan harus diberitahu dengan dikomunikasikan. Karena kami saja tidak tahu apalagi masyarakat. Tapi ada baiknya komunikasi harus baik antar tiap Anggota  DPRD agar tidak ada yang ketersinggungan. Paling tidak harus terbuka dan  transparan," Tegas M Tauhid SIP.

Pemerintah tidak melibatkan DPRD dalam penggunaan Rincian anggaran, sehingga pihaknya berencana akan  membentuk Pansus untuk mengetahui Rincian berapa Anggaran Covid-19.
"Kita saja tidak diberitahu. Makanya kita ingin cari tahu karena itu tugasnya DPRD. Seperti pemanfaatannya untuk apa saja. Misalnya, untuk honor berapa? Honor tenaga medis berapa? Berapa Anggaran  yg digunakan untuk pembelian masker dll, Jadi nanti jelas  ketransparan Pemda soal dana Covid-19 ini," Tambah M Tauhid SIP
 (**).

0 komentar:

Posting Komentar