Video Conference Bupati KSB Bersama Menteri Pertanian


SUMBAWA BARAT.journalntb.com-
Sekitar pukul 09.00 wita bertempat di Blok Lang Tenga Kelurahan Menala Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat telah berlangsung kegiatan Gerakan Tanam Padi Serentak Seluruh Indonesia secara Online bersama Menteri Pertanian dan Bupati Sumbawa Barat dalam rangka menjaga ketersediaan pangan khususnya menjelang hari besar Keagamaan Nasional dan mengantisipasi dampak Covid-19. Selasa (12/5/2020).

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Bupati Sumbawa Barat DR. Ir. H. W. Musyafirin, MM. Dandim 1628/Sumbawa Barat Letkol Edy Oeswaronto, ST. Kapolres Sumbawa Barat AKBP Herman Suriyono S.I.K.,M.H.Sekda Kabupaten Sumbawa Barat H. A. Aziz, SH.,MH. 
Asisten II Amar Nurmansyah, ST.,M.Si. Asisten III Agus Hadnan, S.Pd. Kadis Pertanian Suhadi, S.P.,M.Si. Kadis Koperindag & UMKM Ir. Amin Sudiono, MM.Kadis Ketahanan Pangan Ir. Alimin. Danramil Taliwang Kapten Inf. I Nyoman Suarka.Regu Tanam masing-masing SKPD dan Penyuluh dan Buruh tani.
 
Sambutan oleh Ketua penyelenggara bahwa dalam rangka pencanangan pangan guna mendukung ketahanan pangan ada 227 peserta dari Provinsi dan Kabupaten dan 24 tim termasuk Bupati Sumbawa Barat peserta Vicon. Untuk wilayah NTT & NTB sudah mulai masuk musim kering dan untuk daerah yang masih memiliki cadangan air agar segera melakukan percepatan tanam. Gerakan percepatan tanam ini dengan menggerakkan seluruh tim Provinsi dan Kabupaten. Total lahan yang disiapkan yaitu seluas 5,6 juta Ha. 

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyampikan,Mari kita senantiasa bersyukur atas berbagai nikmat apalagi dengan adanya Covid-19 sehingga kita bisa melaksanakan kegiatan Vicon seperti ini.Jika Kepala Daerah sudah terjun langsung ke Lapangan otomatis kebijakan atau keputusan yang diambil akan lebih tepat berbeda dengan mengambil keputusan hanya dari atas meja. 

"Covid-19 ini adalah tantangan yang nyata bahkan sangat berdampak baik kehidupan sosial maupun ekonomi, solusinya adalah medical solution dan kedua ada di pahlawan pertanian. Apabila rakyat yang berjumlah 267 juta jiwa kebutuhan pangan maka akan meringankan dan membantu dalam mengatasi Covid-19."Tandasnya

Selain itu juga, ia mengharapkan semua kepala daerah bisa bergotong royong yang lalu sukses, kita sekarang harus sukses lebih besar.Mari kita persiapkan pangan kita baik padi dan jagung karena adanya Covid-19, kedua kita akan mengalami kemarau yang cukup panjang baik sesuai BMKG,WHO memperkirakan akan terjadi krisis pangan diakibatkan oleh Covid-19. 

Permasalahan pangan bisa kita hadapi dengan 2 langkah pertama melakukan penanaman yang lebih cepat, Kita persiapkan lahan, bagi yang sudah melakukan panen agar segera melakukan penanaman kembali.Langkah selanjutnya percepat sarana prasarana termasuk bibit, pupuk dan obat-obatan. "Luas lahan harus jelas, penyebab yang membuat gagal, jenis tanaman seperti apa yang cocok, saluran irigasi harus diperbaiki karena manajemen air menjadi bagian terpenting."jelasanya

Ia berharap kepada kepala daerah agar penyuluh difungsikan dan manfaatkan anggaran yang ada untuk bisa memperkuat brigade tanam, brigade pupuk dan brigade pasca panen. 

Kemudian yang terakhir agar tidak lagi ada lahan produktif yang menghasilkan dibawah 3,5 ton per Ha, tentu saja lahan marginal dan rawa membutuhkan perlakuan khusus. Di suatu daerah bahkan ada yang bisa menghasilkan 7 ton per Ha. 

Selanjutnya menteri pertanian melakukan berdialog bersama Kepala Daerah,Khusus Bupati Sumbawa Barat menyampaikan bahwa dalam rangka mendukung percepatan tanam musim tanam kedua, meskipun ada wabah Covid-19 dan kekurangan Air serta kekurangan tenaga kerja namun ada 11 Ha lahan yang sudah kami lakukan penanaman padi dengan menggerakkan ASN dibantu TNI/Polri. Untuk mengantisipasi ketersediaan air maka hanya 60 persen lahan yang ditanami padi sisanya ditanami jagung." Mohon bantuan mesin pompa air 5,5 PK s.d 7 PK dan antisipasi kelangkaan pupuk agar tidak dilakukan pemangkasan. Kabupaten Sumbawa Barat siap menjaga pangan Indonesia."kata Bupati
 
Setelah usai Video Conference bersama menteri pertanian kemudian dilanjutkan Bupati Sumbawa Barat membagikan Paket Sembako Kepada Buruh Tanam sebanyak 100 Sembako.(Rozak)

0 komentar:

Posting Komentar