Berikut 4 Ulasan Kampung Sehat , Gerakan Masyarakat Sehat


Sumbawa Barat.journalntb.com-Kampung sehat adalah tempat tinggal yang menciptakan kenangan yang indah, yang diidamkan oleh semua masyarakat. Kita tinggal di kampung mulai dari kecil hingga saat ini. Meskipun harus merantau untuk melanjutkan kehidupan, akan tetapi kampung adalah tempat kembali kita ketika kita memiliki masalah yang menginginkan kita untuk singgah menghilangkan pikiran. 

Germas (Gerakan Masyarakat Sehat) Dengan kampung yang bersih, sehat dan nyaman akan membuat hidup kita lebih berarti dan sejahtera. Berikut kampung Bersih, Sehat dan Nyaman di lingkungan Selayar Kelurahan Dalam Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat.
 
Kampung Selayar menjadi icon kampung Sehat yang merupakan penduduk nya didominasi warga Sulawesi Selatan yang sudah bertahun-tahun berada di Kabupaten Sumbawa Barat.Kepala  lingkungan (Kaling) Berikut 4 anjuran agar menjadi kampung sehat bersih , nyaman dan aman,

*  Pertama Kesehatan:

Memberikan anjuran untuk mentaati peraturan yang ada dan memberikan sanksi bagi yang melanggar.Upaya peraturan kampung sehat dibuat untuk mengatur manusia agar berada pada jalan dan ranah yang benar dan sesuai peraturan yang ditetapkan. Dengan peraturan, semua manusia dapat hidup dengan aman dan sejahtera.

Mentaati peraturan yang ada adalah salah satu wujud untuk menciptakan kampung tempat tinggal yang bersih, sehat, dan nyaman. Peraturan yang dibuat juga tidak susah untuk dipatuhi. Semua itu demi kesejahteraan masyarakat. Jika melakukan pelanggaran, sebaiknya diberi sanksi. Hal ini bertujuan untuk menegakkan hukum secara adil dan menjadi peringatan bagi masyarakat yang mencoba untuk melanggar.

Melakukan kerja bakti setiap hari jumat
yang sudah menjadi edaran pemerintah daerah Jum'at bersih, cukup seminggu sekali kita melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar. Kita dapat memulainya dengan membersihkan rumput yang mulai tinggi di sekitar rumah masing masing, kemudian di tempat-tempat umum seperti tempat beribadah dan pemakaman. Juga dengan mengumpulkan sampah-sampah yang masih berserakan atau yang ada di permukaan sungai. Hal ini bertujuan untuk menghindari penyakit menular yang dapat merenggut jiwa kita.

Biasakan cuci tangan pakai sabun pada air yang mengalir,biasakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Buang Sampah pada tempatnya.

*  Kedua Industri:

Kampung Sehat merupakan kampung yang tertib cara membung sampah pada tempatnya, Sehingga warga kreatif sampah rumah tangga bisa dimanfaatkan sebagai pupuk organik dan kerajinan.Kampung selayar ini sudah menerapkan sampah plastik dirubah menjadi Pot Bunga, Paving Blok dan kerajinan lainnya.

Selain itu,Sampah rumah tangga bisa dijadikan kompos sebagai pupuk organik untuk semua jenis tanaman sayur-sayuran dan buah-buahan, Sehingga kampung Sehat menjadi kampung yang ASRI,(Aman, Sehat,Rapi, Indah)

*  Ketiga Ekonomi:

Memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk belajar dan mendalami bakat sebagai lahan pekerjaan.Memberdayakan program masyarakat peduli kebersihan adalah salah satu tindakan yang dapat dilakukan untuk menambah lapangan pekerjaan. Tidak hanya memberikan kesempatan bagi mereka yang ingin mendalami bakat, akan tetapi juga mampu memberikan penghasilan untuk hidup mereka. Hal ini dapat dimulai dengan mengumpulkan ibu-ibu atau bapak-bapak untuk belajar bersama tentang cara berwirausaha. Setelah itu, mulai bekerja menjalankan wirausaha bersama-sama dengan saling tolong menolong. Sehingga dapat menghasilkan produk unggul yang bernilai tinggi.

*  Keempat Keamanan:

Dalam rangka untuk mewujudkan Gerakan masyarakat hidup sehat perlu dilakukan subuah  kampanye dan melakukan sosialisasi agar tujuan hidup sehat yang diharapkan dapat tercapai,untuk melakukan kampanye dan sosialisasi tersebut perlu adanya dukungan dari semua elemen masyarakat terutama peran Stikeholder.

Secara umum Gerakan masyarakat sehat bertujuan untuk meningkatkan kesadaran,kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berperilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup sedangkan tujuan khususnya adalah untuk meningkatkan pertisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat,dan meningkatkan produktivitas masyarakat serta mengurangi beban biaya kesehatan.

Adapun kegiatan utama yang perlu dilakukan oleh kita semua dalam Gerakan masyarakat sehat diantaranya peningkatan aktivitas fisik,peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi,peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit dan peningkatan kualitas lingkungan dan sebagainya.

Di sela-sela pelaksanaan Germas tersebut Bhabinkamtibmas Briptu Ari Hidayat Akbar juga menyampaikan, pesan-pesan Kamtibmas seperti mengajak warga binaan untuk turut membantu Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat diwilayahnya masing-masing ,selain itu Bhabinkamtibmas juga berpesan  kepada warga apabila mengetahui adanya pelaku tindak kriminalitas untuk segera melaporkan kepada aparat keamanan terdekat.

Tidak hanya itu Bhabinkamtibmas juga mengajak warga binaanya untuk menyukseskan pesta demokrasi Pilkada Pemilihan Bupati dan Wabup KSB mendatang serta meminta masyarakat untuk tidak Golput"Kami mengajak warga binaan dalam pilkada mendatang untuk memilih sesuai pilihan hati nuraninya,dan yang terpenting tidak Golput"terang Briptu Ari Hidayat Akbar

0 komentar:

Posting Komentar