Kapolda NTB Apresiasi Kinerja dan Inovasi Sit Polairud Dalam Menjaga Wilayah Perairan NTB


Lombok Barat.joirnalntb.com– Setelah pada bulan pertama berkeliling mengunjungi tokoh agama dan masyarakat (togama), untuk bersilaturrahmi sekaligus memperkenalkan diri sebagai pimpinan baru Polri di Nusa Tenggara Barat (NTB). Mengawali bulan kedua kepemimpinannya, Senin (8/6) sekitar pukul 08.30 Wita, Kapolda NTB Irjen Pol. Mohammad Iqbal, S.I.K., M.H. melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Markas Komando (Mako) Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Dit Polairud) di Cemare Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat.

Kabidhumas Polda NTB Kombes Pol. Artanto S.I.K., M.Si.Dalam Siaran mengatakan. Dalam arahannya saat memimpin apel pagi, selain memperkenalkan diri dan meminta dukungan dalam menjalankan amanah selaku pimpinan, Irjen Pol M. Iqbal juga mengapresiasi kinerja Dit Polairud Polda NTB dalam menjaga keamanan dan ketertiban wilayah perairan dan udara.

"Saya bangga dengan Dit Polairud Polda NTB yang walaupun Mako-nya kecil, dengan jumlah personel yang masih jauh dari cukup serta kelengkapan peralatan operasional yang minim, namun mampu memunculkan dan menerapkan berbagai strategi dan inovasi, sehingga operasional tetap berjalan dengan baik," ungkap Kapolda.

Dikatakan, sesuai laporan yang ia terima dari Direktur Polairud bahwa saat ini Dit Polairud memiliki 123 personel anggota Polri, dua Pegawai Negeri Sipil (PNS), dan hanya dilengkapi dengan 17 Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista). Dengan semua keterbatasan tersebut, Kapolda berharap personel Polairud Polda NTB tetap menjunjung tinggi nilai pengabdian dan tanggung jawab Polri, yakni pelindung, pelayan, dan pengayom masyarakat.

"Saya tidak melihat kuantitas, tapi lebih melihat kualitas dalam melayani masyarakat dan penegakan hukum. Dit Polairud patut mendapat acungan jempol. Tugas Polisi yang paling mulia ialah melayani masyarakat, bagiamana membuat hati masyarakat puas dalam pelayanan. Masyarakat melihat apapun fungsinya, apapun performancenya, tetapi pesannya adalah mereka ketika melihat anggota Polri, mereka merasa aman dan nyaman," tuturnya.

Pun dalam penegakan hukum di wilayah perairan, lanjut Kapolda, personel Polairud dituntut harus profesional dengan tetap mengedepankan pendekatan humanis. Karena itu, pihaknya juga memberikan apresiasi kepada Dir Polairud yang baru beberapa waktu lalu dilantik.

"Jadi, personel Polairud itu di satu sisi menyampaikan senyuman pertolongan untuk masyarakat walupun ombak, badai, dan hujan tetap melaksanakan tugas. Namin di sisi lainnya ia harus tetap tampil tegas, tangkas, dan performance yang baik pada pelaku-pelaku kejahatan sacara profesional," jelas Kapolda.

"Dir Polairud ini baru, tapi terasa tidak baru karena langsung action terjun ke lapangan," imbuhnya.

Untuk diketahui, dalam kunker ke Mako Dit Polairud itu Kapolda NTB didampngi beberapa Pejabat Utama (PJU) di antaranya Kepala Biro Sumberdaya Manusia (Karo SDM), Direktur Intelijen dan Keamanan (Intelkam), Kepala Bidang Profesi dan Pengamanan (Kabid Propam), dan Kabid Hubungan Masyarakat (Humas).

Kapolda NTB dan rombongan disambut dengan Jajar Kehormatan di depan pintu masuk Mako Dit Polairud. Seusai memimpin apel dan memimpin doa dengan tetap sesuai protokol penanganan pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Kapolda NTB melakukan pengecekan Alutsista sambil menyapa personel Polairud dan mengunjungi Pelabuhan Penyeberangan Lembar, sekaligus memantau kegiatan Pos Pelayanan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. (Shn)


0 komentar:

Posting Komentar