Launching Lomba Kampung Sehat Polres Sumbawa Barat Bersama Forkopimda Beri Dukungan Penuh Untuk Berkontribusi


Sumbawa Barat.journalntb.com-
Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat
(Polda NTB) mengelar launching Kampung Sehat melalui Video Conference di Hadiri Gubernur NTB, Danrem 162/WB dan Kapolda NTB dan Forkompimda Se Nusa Tenggara Barat. Bertempat di mapolda NTB pada Jum'at (19/6/2020).

Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal S.ik,.MH.dalam sambutannya menyampaikan,dalam launching lomba kampung Sehat adalah sederhana dan kegiatan ini adalah membantu memaksimalkan bagaimana peranan masyarakat untuk memaksimal kan mematuhi protokol kesehatan Covid -19,
Kunci dari pada kegiatan kampung Sehat adalah berbasis lomba.

Kapolda menjelaskan,Lomba ini strategi mendekati jitu untuk memacu partisipasi masyarakat untuk berlomba-lomba mencari formula menurut budaya, strategi dan tidak kaku dengan Protokol yang sudah di tentukan.Tetapi Protokol Kesehatan Covid-19 itu harus memenuhi Standar WHO,

"Gagasan lomba kampung sehat selama 3 bulan sampai 10 Oktober.Lomba ini akan berjenjang mulai tingkat Kecamatan, Kabupaten Propinsi dan Pusat."Kata Kapolda NTB melalui Video Conference.

Ia menambahkan, Semangat kita adalah mari seluruh masyarakat bergandengan tangan untuk memutus mata rantai Covid-19, insyaallah pandemi bisa kita akhiri dan patuhi protokol kesehatan, Insyaallah vaksin akan segera ada di tengah-tengah kita.

"Tujuannya launching kampung sehat yang pertama,Penyebaran Covid-19 segera menurun secara senifikan setelah lombah ini,Intervensi menekan penurunan angka penyebaran.Kedua standar ekonomi tentu berdampak akan tetapi bertahan tetap makan, kemudian angka Stunting, gizi buruk menurun secara senifikan.Pengolaan kamtibmas tetap berjalan.Ekonomi menggeliat kembali agar protokol kesehatan tetap ketat."pungkasnya

Sambutan Kapolres Sumbawa Barat AKBP Herman Suriyono Sik.MH. menyampaikan.Ucapan terimakasih kepada Bupati KSB, wakil ketua DPRD KSB Dandim 1628/SB dan para hadirin tamu undangan. Dalam launching kampung sehat NTB menurut tatanan baru.

"Apa sih kampung SEHAT itu? kampung sehat kepanjangan dari Steril Ekonomi produktif Harmonis Asri dan Tangguh," Kata AKBP Herman Kapolres Sumbawa Barat.

Sehingga program "Kampung Sehat" hadir sebagai solusi. Bukan saja di bidang kesehatan. Melainkan juga sosial ekonomi, pendidikan, dan keamanan. "Cara cepat untuk meningkatkan partisipasi itu adalah dengan cara menggelar program Kampung Sehat. Sehingga, masyarakat dapat menyelesaikan permasalahan yang ada

Kata Kapolres, tujuannya kampung sehat dibentuk melibatkan peran serta aktif masyarakat Sumbawa Barat,agar seluruh
Desa dan kelurahan turut serta, karena
fokus bergerak kepada new normal. Kepolisian menjaga kamtibmas dengan tiga pilar permasalahan yang timbul di masyarakat segera terselesaikan, agar masyarakat damai.

Lanjut, Bidang Kesehatan yaitu menjaga kesehatan dengan melakukan edukasi, melakukan penjagaan dengan cek suhu badan dan pelaku perjalanan ditanya tujuannya.Bidang ekonomi terkait UMKM, pengelolaan limbah sampah rumah tangga.Bidang pendidikan dan ketahanan pangan stimulan , kemampuan dan kemandirian.

"Menginginkan kepada seluruh desa dan kelurahan agar mengikuti kampung Sehat,kita akan melakukan penilaian sebagai perwakilan KSB dan nanti akan libatkan kampung zona merah.rencana kegiatan dimulai tanggal 30 juni, tingkat kecamatan pada 1 juli sampai 1 Agustus dan tingkat Kabupaten bulan bulan Agustus sampai September dan tingkat Propinsi Oktober dan tingkat nasional."jelasnya.

Sambutan Bupati Sumbawa Barat Dr.Ir H. W Musyafirin MM.menyampaikan,Lomba Kampung sehat ini berbasis gotong royong menuju tatanan baru.Mari kita saling bekerjasama untuk menyukseskan kegiatan Kampung sehat ini agar dapat berjalan dengan baik.

"Sebenarnya kami sudah ada Tim PDPGR,kita ajak mereka di tiap desa dan kelurahan,Perlu di ketahui namanya kampung itu bukan desa atau kelurahan akan tetapi yang dimaksud kampung adalah dusun atau lingkungan, nanti Insyaallah kita akan bantu biaya nya" tegas Bupati.

Tujuan dari penerapan New Normal yaitu agar Aktifitas masyarakat tetap di lakukan seperti biasa namun tetap memperhatikan protokol Kesehatan Covid-19.Dalam pelaksanaan Kegiatan kampung sehat ini saya harap agar semua berperan aktif dan saling bersinergi.(Rozak)

0 komentar:

Posting Komentar