Pemdes Lalar Liang Salurkan Bantuan Langsung Tunai Tahap III Tahun 2020

SUMBAWA BARAT.journalntb.com-
Pemerintah Desa(Pemdes) Lalar Liang sekitar pukul 08.30 wita menyalurkan Bantuan Sosial Bantun Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Tahap III Juni anggaran tahun 2020 kepada warga Lalar Liang, berlangsung di Aula Desa Lalar Liang Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat.Nusa Tenggara Barat. Jumat (26/6/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Lalar Liang Syamsul Hakim S.IP Sekretaris Desa Lalar Liang, Pendamping Desa dari Kecamatan Taliwang,Babinsa, Bhabinkamtibmas, Tokoh masyarakat, Kepala Dusun , ketua RT dan hak penerima BLT.

Kepala Desa Lalar Liang Syamsul Hakim S.IP mengatakan,dalam menyalurkan Bantuan Sosial Berupa Bantuan Langsung Tunai seperti yang diinstruksikan oleh Pusat kepada masyarakat yang belum tersentuh bantuan melalui anggaran Dana Desa antara 20-30 porsen dari nilai Dana Desa dengan nilai bantuan Rp 600 rb/ bulan / KK selama tiga bulan kedepan.

"Bahwa bantuan ini merupakan bantuan pandemi wabah virus Corona (Covid-19). Di masa pandemi wabah Covid-19 Semoga Bantuan Langsung Tunai (BLT) bisa bermanfaat bagi masyarakat semua"Terang kepala Desa

Syamsul Hakim menambahkan, warga Desa Lalar Liang mendapat Bantuan Sosial. Sedangkan yang mendapatkan dana BLT (Bantuan Langsung Tunai) sebanyak 90 KK, untuk periode pertama 600 ribu,ini hasil verifikasi bersama RT, Kadus dan masyarakat.

Syamsul Hakim menambahkan, warga desa Lalar Liang banyak mendapat Bantuan Sosial. Sedangkan yang mendapatkan dana BLT (Bantuan Langsung Tunai) sebanyak 90 KK, untuk periode Ketiga 600 ribu,dana yang di glontorkan sebesar 54.000.000., ini hasil verifikasi bersama RT, Kadus dan masyarakat.

Lanjut Syamsul, Penduduk Desa Lalar Liang Sebanyak 496 KK yang sudah mendapatkan atau menerima Bantuan PKH 108 KK,BST 106 KK, BPNT 69 KK dan JPS Gemilang 47 KK,Dana Covid19 16 KK,Deklarasi pengentasan kemiskinan lindaya FM 32 sebanyak 26 KK, maka sudah tidak mendapatkan kembali dana dari desa berupa BLT (Bantuan Langsung Tunai) karena BLT Dana Desa bagi yang belum mendapatkan bantuan lainnya. Maka sisanya 34 KK merupakan warga yang tidak mendapat bantuan adalah PNS, Karyawan PT.AMNT, HONORER,STAF DESA dan BPD.

Bhabinkamtibmas Desa Lalar Liang AIPDA Abdul Kadir menyampaikan, bahwa dana bantuan sosial ini silahkan di manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kebutuhan sehari-hari,terkait dengan kampung sehat diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan pekarangan nya bisa di tanami sayuran dan lain lain.

"New normal ini bukan berarti ada kebebasan seperti dulu akan tetapi mengikuti tatanan baru, Seperti selalu mencuci tangan pakai sabun,jaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS) Sosial Distancing dan Pysical Distancing, selalu memakai masker"Jelasnya

Hal senada disampaikan Pendamping Kecamatan ibu Dwi Riskia Yusfa Rini S.IP MA. Bantuan langsung tunai tahap III Tahun 2020 ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, berikutnya akan ada Bantuan sosial lanjutan yang diberikan sebesar 300 ribu akan di berikan pada bulan Juli mendatang,"Jadi Bantuan Langsung Tunai (BLT) lanjutan tidak lagi sebesar 600 ribu lagi dan penyaluran dana BLT paling cepat desa Lalar Liang"jelasnya (Rozak).


0 komentar:

Posting Komentar