Tim Puma Dikukuhkan di Polresta Mataram Siap Jaga Keamanan Kota Mataram


MATARAM.journalntb.com—Tim Puma Polresta Mataram resmi dikukuhkan. Peresmian dipimpin langsung Kapolresta Mataram, Kombes Pol Guntur Herditrianto. Tim Puma memiliki tugas menjaga kamtibmas. Karena itu, setelah dibentuk. Tim Puma siap tempur untuk memastikan dan menjaga keamanan bagi warga Kota Mataram. '' Tugas pokoknya adalah menjaga kamtibmas. Kita siap menjaga keamanan masyarakat,'' ujar Kapolresta Mataram, Kombes Pol Guntur Herditrianto usai meresmikan Tim Puma Polresta Mataram, Kamis (4/06/2020). 

Sebelumnya, Tim Puma dibentuk oleh Kapolda NTB. Selanjutnya diperintahkan untuk ditindaklanjuti oleh seluruh Polres jajaran. Tim Puma Polresta Mataram diisi oleh puluhan personel. Personelnya didominasi oleh anggoat Sat Reskrim Polresta Mataram. '' Kita sekarang sudah membentuk satu tim. Tugasnya jelas untuk peningkatan situasi kamtibmas,'' bebernya. 

Kapolresta menjelaskan, tugas Tim Puma tidak selalu tentang penegakan hukum. Baik untuk penanganan kasus teroris. Lalu kasus pencurian dengan kekerasan (curat). Juga kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) serta kriminalitas lainnya. '' Di tengah pandemi corona sekarang. Kita mencoba meminimalisir dan kriminalitas bisa ditekan. Itulah salah satu fungsi dibentuknya Tim Puma ini,'' kata Guntur.
 
Kendati memiliki wewenang untuk melakukan tindakan hukum. Kapolresta menegaskan, Tim Puma diharapkan lebih menekankan pada kegiatan preventif. Terutama pada kegiatan yang terus digalakkan. Seperti pengawasan pemberlakuan jam malam saat pandemi corona. Tugas ini akan diemban Tim Puma untuk meminimalisir berkumpulnya masyarakat.  '' Tindakan tegas merupakan upaya terakhir yang dilakukan petugas. Saya cenderung untuk tindakan preventif,'' tegasnya.

Dengan terbentuknya Tim Puma Polresta Mataram. Kapolresta berharap dan meminta dukungan kepada masyarakat. Khususnya kepada warga Kota Mataram untuk bersama-sama menjaga kondusifitas di tengah masyarakat. '' Mohon kerjasamanya. Kami juga terbuka bagi masyarakat yang ingin memberikan saran untuk terciptanya kamtibmas,'' pinta Kapolresta. 

Setelah Tim Puma dikukuhkan. Kapolresta Mataram bersama personel Tim Puma melaksanakan patroli keliling Kota Mataram. Patroli tersebut untuk melihat kondisi terkini masyarakat. Kesempatan itu juga digunakan untuk memperkenalkan Tim Puma kepada masyarakat Kota Mataram.(shn)

0 komentar:

Posting Komentar