Tim Penilaian Meninjau Kampung Sehat di Desa Tapir Kecamatan Seteluk


SUMBAWA BARAT.journalntb.com-
Peninjauan kampung sehat dilakukan oleh Tim Kecamatan Seteluk sekitar pukul 09.30 wita bertampat di Kantor Desa Tapir, Kecamatan Seteluk , Kabupaten Sumbawa Barat.Pada sabtu (18/7/2020).

Hadir Tim penilaian tingkat kecamatan Camat Seteluk M.Taufiqurrahman SP.si.M.Si , Danramil 1628-03/Seteluk Kapten Inf I Nyoman Mandi,Pamatwil Polres KSB IPTU Rahmansyah, Kanit Binmas Polsek Seteluk Aipda Nasrullah, Babinsa, Serda M.Nasir SH. Bhabinkamtibmas IPTU Sandy Eka Saputra,Kepala Puskesmas Seteluk Latifa A.Md.Kep ,Kepala Desa Tapir Zainuddin SE, Ketua BPD Ahmad. Kader Posyandu,Ibu PKK,Kadus dan Ketua RT.

Dalam sambutan Kepala Desa Tapir Zainuddin SE,menyampaikan ucapan Selamat Datang kepada Tim Penilaian Lomba Kampung Sehat Tingkat Kecamatan Seteluk.

Ada beberapa hikmah dalam lomba kampung sehat ini, yaitu masyarakat dituntut agar melaksanakan Pola Hidup Bersih dan Sehat( PHBS).Selalu cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah beraktivitas di luar rumah.Pakai masker.Sosial Distancing dan Pisycal Distancing.

"Kegiatan lomba kampung sehat adalah menyongsong New Normal Life,yaitu Nurut Tatanan Baru mengikuti Protokol Kesehatan Covid -19.Dalam Lomba Kampung Sehat Desa Tapir sudah sesuai administrasi "jelasanya.

Sambutan Ketua Tim Penilaian Camat Seteluk M.Taufiqurrahman,SP.si.M.Si. menyampaikan,bahwa kegiatan ini bukan sampai disini akan tetapi secara berkelanjutan agar bisa pertahankan sebagai kampung yang Bersih yaitu menjaga PHBS.

"Kegiatan Lomba Kampung Sehat ini ada empat Aspek Kelembagaan yaitu Kesehatan ,Keamanan dan ketertiban , Ketahanan Pangan dan Ekonomi.Untuk menyongsong New Normal Life dengan Nurut Tatanan Baru"Ujarnya

Di tempat terpisah saat di jumpai Media berkunjung ke lokasi Desa Tapir Ketua BPD Ahmad mengatakan,Desa Tapir sudah siap untuk megikuti lomba kampung sehat baik secara fisik dan administrasi.

Ia menjelaskan,Desa Tapir sudah siap dalam mengikuti lomba kampung sehat yang lomba ini merupakan gagasan Polda NTB,lomba ini ada empat Aspek kelembagaan seperti,

* KESEHATAN: Desa Tapir menyediakan armada pengangkut sampah rumah tangga tanpa dipungut biaya,Bagikan masker ke warga dan tempat cuci tangan, dan menyediakan rumah isolasi dan rumah sehat.
* KEAMANAN DAN KETERTIBAN: Desa Tapir menyediakan pos kamling.
* EKONOMI : UMKM melalui BUMDes untuk membantu permodalan usaha kecil di masyarakat.
* KETAHANAN PANGAN: Desa Tapir menyediakan bibit sayur mayur yang dibagikan ke masyarakat, ada peternak ayam petelur ,penggemukan sapi dan Unggas.

"Desa Tapir memberikan dukungan  Suport kepada peternak penggemukan sapi, ayam petelur dan unggas jenis mentok atau mangkiwa yang diperdayakan oleh mantan pengguna Narkoba."Jelasanya.

Lanjutnya, Mantan narkoba sudah kami berikan bimbingan dan sosialisasi yang bekerjasama dengan pihak BNNK Sumbawa Barat,akhirnya mereka mau bertaubat dan kami berdayakan untuk pelihara unggas agar ada kesibukan.(Rozak)

0 komentar:

Posting Komentar