Manfaatkan Lahan Sempit, Satgas TMMD 109 Bangun Kolam Lele Bioflok Untuk Warga

Sumbawa.journalntb.com– Satuan Tugas TMMD ke 109 Kodim 1607/Sumbawa bersama mahasiswa KKN UTS Sumbawa, membuat contoh kolam budidaya ikan Lele dengan sistem Bioflok di rumah Bapak Zainal Madilau, Dusun Brang Beru, Desa Jotang, Kecaman Empang, Kabupaten Sumbawa. Selasa (29/09).

Pembuatan kolam Bioflok tersebut adalah upaya Satgas TMMD 109 Kodim 1607/Sumbawa dalam membantu tingkatkan perekonomian warga setempat. Pembuatan kolam Bioflok memanfaatkan area pekarangan rumah tanpa harus memiliki lahan yang luas.

Untuk diketahui sistem kolam Bioflok merupakan teknik pemeliharaan ikan dengan memaksimalkan jumlah tebar ikan  pada wadah yang terbatas dan salah satu ikan yang cocok untuk kolam bioflok tersebut adalah ikan lele.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Dan SSK Satgas TMMD ke 109 Kapten Inf I Wayan Suledra, mendapat respon positif dari masyarakat. Dan SSK mengatakan kegiatan bersama mahasiswa KKN UTS Sumbawa merupakan wujud kepedulian TNI dalam membantu kesulitan masyarakat.

"Kegiatan yang kami laksanakan bersama mahasiswa KKN UTS ini, adalah bentuk upaya dalam membantu masyarakat dalam mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus memiliki lahan yang luas, serta mempererat kebersamaan dan menciptakan kemanunggalan yang lebih baik sesuai dengan program kegiatan teritorial", ungkap Danramil 1607-02/Empang selaku Dan SSK.

Dan SSK berharap, "Dengan adanya kolam bioflok ini kami harapkan dapat memberikan dorongan semangat dan motivasi bagi warga lain khususnya di Desa Jotang, Kecamatan Empang" kata Dan SSK.

Bapak Zainal Madilau (64) yang rumahnya digunakan untuk kolam percontohan tersebut, merasa senang dan gembira karena kegiatan yang dilaksanakan tersebut sangat berguna bagi ekonomi masyarakat kedepannya.

"Saya merasa senang atas kehadiran Satgas TMMD 109 Kodim 1607/Sumbawa dan mahasiswa KKN UTS, yang sudah berbagi ilmu pengetahuan dengan membuat kolam sistem Bioflok budidaya ikan lele. Ini sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan penghasilan tambahan", ungkapnya.(***)

0 komentar:

Posting Komentar