Opgah Jaring Empat Pelanggar Perda di Pintu masuk Kota Mataram


Mataram—JournalNTB.Com-Polresta Mataram kembali terlibat dalam operasi yustisi penegakan perda Nomor 7 Tahun 2020 tentang penanggulangan penyakit menular dam peningkatan disipilin dan penerapan hukum. Operasi gabungan (Opgab) dilaksanakan di Desa Gerimax Indah, Kecamatan Narmada Lombok Barat. Desa ini berdekatan langsung dengan pintu masuk Kota Mataram.  Operasi dilaksanakan hari Selasa (15/09/2020) dimulai sekitar pukul 09.00 wita. 
Dari operasi yang berlangsung sekitar 1,5 jam tersebut. Terjaring empat pelanggar. Saat operasi dilaksanakan, empat orang tersebut tidak menggunakan masker. Keempatnya langsung diproses oleh Satpol PP Provinsi NTB. Dimulai dengan penyerahan kartu identitas. Tiga orang pelanggar tidak bersedia membayar denda sebesar Rp 100 ribu. Ketiga pelanggar perda lebih memilih untuk melaksanakan sanksi sosial. Yakni menyapu lokasi yang ditentukan petugas. Satu orang pelanggar lainnya setuju untuk membayar denda Rp 100 ribu. Setelah membayar denda dan mengerjakan sanksi sosial. Kartu identitas pelanggar dikembalikan dan boleh meninggalkan tempat. '' Operasi tadi pagi kita bergabung dengan Satpol PP Provinsi NTB di Gerimax. Ada empat pelanggar, satu membayar denda dan tiga orang memilih menyapu di lokasi,'' ungkap Kabag Ops Polresta Mataram, Kompol Taufik. 
Opgab di Gerimax ini menurunkan 9 personel TNI, 12 personel Polda NTB, 15 Personel Polresta Mataram, 29 personel Satpol PP Provinsi NTB, 6 Personel Dishub Provinsi NTB, 2 Personel Bappeda NTB dan 5 personel Pramuka.   
Di hari yang sama. Taufik menyampaikan, operasi yustisi penegakan perda masih akan dilaksanakan. Yakni ditempat dan waktu yang berbeda. Taufik mengimbau warga masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain sebagai upaya mencegah penyebaran virus Covid-19. Tentunya diharapkan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. '' Sudah cukup sosialisasi dilaksanakan. Sekarang penindakannya. Operasi penegakan perda ini Satpol PP yang menjadi garda terdepan. Kami dan TNI bertugas untuk memback up kegiatan yang dilaksanakan Satpol PP,'' terangnya. Secara keseluruhan, kegiatan penindakan penegakan perda di Desa Gerimax berjalan aman dan lancar

0 komentar:

Posting Komentar