Dandim 1628 Sumbawa Barat Ajak Warga Majukan Kesenian Daerah Adat Sumbawa Agar tidak Punah


Sumbawa Barat.journalntb.com - Dandim 1628/Sumbawa Barat, Letkol CZI Sunardi ST MIP, mengajak masyarakat untuk tetap memajukan kesenian daerah adat Sumbawa di tengah perkembangan digitalisasi dan modernisasi seperti saat ini.

Harapan itu diungkapkan oleh Dandim 1628/KSB dalam acara lomba kesenian adat Ratob Rebana dan Bagontong dalam rangka menyambut HUT ke-75 TNI tahun 2020 di Makodim KSB Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat.

Dandim KSB mengatakan, lomba kesenian adat Sumbawa ini selain dalam menyambut HUT ke-75 TNI, juga dapat menyatukan silaturahmi dan mempererat persaudaraan antara rakyat dengan TNI serta untuk memupuk rasa cinta kepada kesenian daerah.

"Selain dalam rangka HUT TNI, Acara ini dalam rangka untuk mempererat silaturahmi dan memupuk rasa cinta kepada tradisi dan kesenian daerah yang semakin lama semakin tenggelam," kata Dandim, Kamis.

Menurutnya, Kesenian adat atau tradisi yang unik harus tetap dipertahankan karena mengandung nilai sejarah yang tinggi bagi Sumbawa bahkan Indonesia.

Dalam lomba tersebut, Dandim mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun di air mengalir.

"Mari kita tetap mematuhi protokol kesehatan, di sejumlah titik di Kodim ini sudah kami siapkan tempat cuci tangan beserta sabunnya," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata KSB, I GB Sumbawanto di sela-sela kegiatan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Dandim KSB dalam HUT ke-75 TNI ini. Ia mengatakan bahwa ini dapat menjadi ajang promosi bagi KSB dalam membangkitkan budaya.

"Ini bagus, kegiatan ini dapat meningkatkan budaya daerah dan dapat menarik pariwisata," katanya.

Ia juga mengatakan, kegiatan ini sebagai peningkat semangat kepada generasi muda untuk melihat kesenian daerah ini bukan hanya dari sisi sejarahnya tetapi melihat dari efek yang akan ditimbulkan sperti dari sudut pandang bisnis, ekonomi, dan pariwisata untuk kemajuan KSB.

Lomba Ratob Rabana dan Bagontong diikuti oleh Persit KCK Cabang XLIV Kodim 1628/Sumbawa Barat, tim Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan peserta dari sejumlah sekolah di KSB.(Rozak)

0 komentar:

Posting Komentar