Eksekutif Dan Yudikatif Sumbawa Akui Kekompakkan DPC MOI KSB


Sumbawa.journantb.com- Eksekutif Dan Yudikatif Sumbawa mengakui kekompakan DPC MOI Kabupaten Sumbawa Barat. Tokoh Masyarakat Sumbawa juga mengapresiasi sebaran dan kecepatan berita media online dari Kabupaten Sumbawa Barat.

Apresiasi terhadap kekompakkan DPC MOI KSB tersebut disampaikan saat Rakercab pertama DPC MOI Sumbawa yang dirangkaikan dengan Talk Show yang bertajuk "Peran Media Dalam Pilkada Ditengah Pandemi Covid-19". Hadir sebagai narasumber, Dandim 1607/Sumbawa, Letkol Kav. Rudi Kurniawan, S.Sos M.Tr (Han). Kapolres Sumbawa dan AKBP Widy Saputra, S.IK.

Disela-sela menyampaikan tanggapan atas pertanyaan dan harapan yang disampaikan oleh wartawan yang perusahaan medianya tergabung dalam DPC MOI KSB, Dandim 1607/Sumbawa, Letkol Kav. Rudi Kurniawan, S.Sos M.Tr (Han) mengatakan bahwa ia salut atas kecepatan berita media online KSB.

"Wartawan KSB ini ada di mana-mana, kecepatan beritanya juga patut diapresiasi. Kemarin waktu penutupan TMMD Ke-109 Kodim 1607/Sumbawa, mereka menyiarkan berita tentang kehadiran Dandim 1628/Sumbawa Barat. Semua kegiatan Dandim 1628/Sumbawa Barat diliput dari mampir dan berbincang dengan warga di Dusun Hijrah Desa User Mapin Kec,Alas Barat saat mampir melaksanakan sholat ashar di masjid, beritanya sudah naik sebelum Dandim tiba di Sumbawa. Saya salut," pungkas Letkol Kav. Rudi Kurniawan, S.Sos M.Tr (Han).

Letkol Kav. Rudi Kurniawan, S.Sos M.Tr (Han) juga memberikan sedikit cerita bahwa dirinya pernah bergabung dalam dunia jurnalistik, hingga dirinya mendapat penghargaan dari dewan pers. 

Banyak sekali pengalaman serta arahan yang disampaikannya dikesempatan itu. Ia pun tidak memungkiri bahwa kehadiran media online Indonesia telah mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi. Informasinya pun beragam. "Saya berharap agar para insan pers terus berbenah serta mengedepankan profesionalitas serta indepensi pers harus dijaga. Terkait pemberitaan, kita bisa menilai dari cara media menyajikan. Bisa jadi konteks berita sama namun disajikan dengan konten yang berbeda, inilah yang sebenarnya dicari," ujarnya.

Terkait dengan peran media dalam Pilkada ditengah pandemi covid-19 ia berhara justru dengan keterbatasan ruang gerak masyarakat akibat covid-19. Disinilah media hadir menyajikan informasi pilkada.Kodim 1607/Sumbawa mengungkapkan jika jajarannya bersama Polres Sumbawa intens melakukan pengamanan dan himbauan agar Bapaslon menghormati protokol kesehatan. Menghormati aturan terbaru dari KPU tentang kampanye dimasa covid-19 serta memastikan situasi pilkada 2020 berjalan aman dan lancar.

Diakhir pembicaraan. Dirinya mengakui bahwa selama ini telah terjalin hubungan dengan media di Sumbawa. Namun mungkin hubungan itu masih ada yang kurang, kedepannya akan ditingkatkan agar terjalin hubungan seperti media di Sumbawa Barat dengan pemerintah daerahnya. "Hanya Allah SWT yang serba tau, manusia terbatas pengetahuannya. Maka disitulah media hadir untuk memberi tahu segalanya," tutup Dandim 1607/Sumbawa Letkol Kav. Rudi Kurniawan, S.Sos M.Tr (Han) dengan bijak.

Sementara ditempat yang sama, Kapolres Sumbawa, AKBP Widy Saputra, S.IK. berharap agar media menjadi mesin pendingin di masa pilkada ini. Berita-berita yang disajikan haruslah konstruktif dan berimbang. Bukan sebuah opini atau cerita, namun benar-benar berita yang keakuratan datanya, narasumbernya diakui. 

Pihaknya selama masa pilkada ini terus memberikan pengamanan agar suasana pilkada Sumbawa berjalan damai dan sehat. Selain itu, jajarannya terus memberikan edukasi dan sosialisasi pada masyarakat akan pentingnya menghormati dan mengikuti protokol kesehatan. "Berbagai bentuk pola dan strategi pengamanan kami lakukan. Itu semuanya untuk memastikan pilkada Sumbawa berjalan damai. Media sebagai corong informasi saya harap bisa menjadi mesin pendingin dan menjadi mitra kami dilapangan. Sinergitas antara insan pers dan polri harus tetap dibina dan solid kedepannya," tutup AKBP Widy Saputra, S.IK.

Setelah acara berakhir, media ini berhasil mengkonfirmasi salah satu ketua DPC MOI dari Sumbawa Barat. Irawansyah S.Pd menjelaskan,bahwa kehadirannya di Sumbawa untuk menghadiri undangan yang diberikan oleh DPC MOI Sumbawa. Ia pun mengucapkan selamat atas suksesnya DPC MOI Sumbawa menggelar Rakercab pertamanya.  

Kepada media ini, ia menyampaikan bahwa DPC Sumbawa Barat akan segera menggelar Rakercab serupa. Namun sebelum itu, ia dan pengurus tengah melakukan konsolidasi dengan dewan penasehat dan pembina MOI Sumbawa Barat. "Kedepan saya menginginkan MOI dapat membantu Pemkab Sumbawa Barat dalam memerangi berita hoax. Terbangunnya kekuatan bersama untuk melakukan perlindungan dan melawan kriminalisasi, dan marginalisasi perusahaan media online dan kegiatan jurnalisme di Indonesia.

Meningkatnya kemamuan media anggota untuk memenuhi segala syarat sebagai media yang utuh oleh pemerintahan. "Terakhir saya menginginkan adanya perjanjian kerjasama berupa MoU antara Pemkab Sumbawa Barat dengan DPC MOI Sumbawa Barat. Ini sedang saya kaji dan godok bersama tim untuk disodorkan pada Pemkab Sumbawa Barat. Tujuannya tidak lain agar terbangun perusahaan media yang sehat. Klausul dari MoU tersebut sedang disusun untuk diajukan," tutupnya.

Sebelum berita ini diturunkan, Acara Talk Show yang digelar pada, Sabtu siang (24/10/2020), di Aula Madilaoe, ADT, Lantai III Kantor Bupati Sumbawa tersebut berlangsung dua arah. Sesi tanya jawab dilakukan dalam tiga segemen, masing-masing segmen diberikan kesempatan dua penanya oleh moderator. (Rozak)

0 komentar:

Posting Komentar