Kunker dan Silaturahmi Humas Polda NTB ke Polres Sumbawa Barat Tekankan Harmonisasi Bersama Awak Media


Sumbawa Barat.journalntb.com- Untuk melihat kinerja dan mengevaluasi program kerja Bidang Kehumasan di tataran daerah, Humas Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) menyambangi Sub Bagian Humas Polres Sumbawa Barat.

Kegiatan yang dilangsungkan diruangan Humas Polres KSB tersebut berlangsung terbuka dan diikuti oleh beberapa awak media Kabupaten Sumbawa Barat. 

Kasubbid Humas Polda NTB, Kompol R. Sudjoko Aman, S.Sos. kepada media ini, Senin siang (12/10/2020), mengungkapkan jika kedatangannya adalah melakukan asistensi dengan jajarannya yang ada di daerah. Hal ini adalah untuk menyingkronkan dan lebih mendekatkan internal antara lembaga.

"Kegiatan Asistensi ini adalah kegiatan rutin yang diselenggarakan, namun karena kondisi pandemi covid-19 akhirnya baru kali ini bisa ke Kabupaten Sumbawa Barat (KSB)", pungkas Kasubbid Humas Polda NTB.

Dalam kesempatan itu, ia lebih menekankan agar hubungan dengan mitra dijalin dengan pondasi kebersamaan tanpa harus meninggalkan kaidah jurnalistik. "Yang lebih penting lagi adalah bahwa dengan kemajuan tehknologi membuat dunia ini tidak berjarak. Informasi mudah sekali didapatkan, sehingganya penting pers untuk menjadi pilar yang tetap konsisten dalam memberitakan peristiwa secara berimbang", bebernya.

Perkembangan pers di Nusa Tenggara Barat sangat pesat, semua daerah telah memiliki media-media lokal. Informasi di daerah mudah kita akses dengan kehadiran mereka, "inilah yang harus kita kembangkan", tegasnya.

Di internal Polri sendiri, penyesuaian terus dilakukan. Ini dimaksudkan untuk menyeimbangka, "jika dulu humas itu haya ada sampai tataran Polda NTB, kini bagian humas sudah ada di tingkat Polsek, itu sudah menunjukkan bahwa informasi adalah hal yang sangat penting saat ini", imbuh Kompol R. Sudjoko Aman, S.Sos.

Kepada insan pers Sumbawa Barat yang hadir saat itu, ia mengatakan bahwa ada lima proses yang penting dalam dunia jurnalisme, pertama adalah mencari, kedua mendapatkan, ketiga mengolah, keempat menyimpan dan kelima menyajikan. "Jika semua proses itu dapat dilalui dengan baik maka insyaAllah sajian yang kita berikan pada masyarakat akan diterima dengan baik. Namun apabila kita berada dalam lingkungan yang tidak sehat maka sulit sekali itu tercapai, karena pikiran kita harus terpecah akibat masalah internal", tutupnya.

Sebelum diturunkan, Kasubbid Humas Polda NTB mengajak rekan-rekan media bergabung di Rumah Makan Esek-Esek yang berada di lingkup KTC. Berlangsung diskusi santai antara Kasubbid Humas Polda NTB serta jajarannya dengan insan pers Sumbawa Barat. Kegiatan asistensi itu diikuti pula oleh Paur Humas Bripka Mayadi Iskandar selaku Humas Polres Sumbawa Barat. Kegiatan diakhiri dengan makan bersama serta foto bersama. (Rozak)

0 komentar:

Posting Komentar