Sukseskan Kampung Sehat, Radio Ampera FM Desa Sekotong Tengah Prioritaskan Siaran Protokol Kesehatan Kepada Masyarakat


Lombok Barat-JournalNTB.Com-Ditengah pandemic Covid-19, berbagai inovasi dilakukan Desa Sekotong Tengah dalam upaya menekan dan penanganan Covid-19 di Desanya.
Salah satunya yaitu dengan mempersiapkan sarana Komunikasi dalam dalam mendukung upaya Pemerintah menangani Penyebaran Covid-19 di Desa Sekotong Tengah, Rabu (14/10).
Kapolsek Sekotong Iptu I Kadek Sumerta, SH mengatakan Desa Sekotong tengah memanfaatkan Radio Komunitas, Radio Ampera FM Desa Sekotong Tengah yang merupakan kerja-kerja nirlaba dibutuhkan masyarakat.
"Ditengah pandemi covid 19, masyarakat sangat membutuhkan informasi tentang protocol Kesehatan, serta perkebangannya di Desanya," ungkapnya.
Menurutnya, Radio Komunikasi ini sendiri berasal dari Masyarakat dan dipergunakan untuk  masyarakat. 
"Maka Radio Komunikasi ini dipergunakan selama pandemi covid-19, sebagai kebutuhan untuk mensosialisasikan protokol Kesehatan," ujarnya. 
Dijelaskan pula bahwa, peran Radio Komunikasi di Desa Sekotong Tengah bahkan dimanfaatkan mendiskusikan permasalahan beserta solusi dampak covid-19.
"Disamping mengajak disiplin mentaati protokol Kesehatan, terutama penggunaan masker juga  dan radio Komunikasi Desa Sekotong Tengah memprioritaskan menyampaikan materi protokol Kesehatan," jelasnya.
Selain peran Radio Komunikasi, diharapkan juga agar masyarakat menyampaikan dan menyebarluaskan akan pentingnya protokol Kesehatan. 
"Karena sampai saat ini, hanya protokol kesehatan merupakan senjata ampuh melawan covid itu sendiri," imbuhnya.
Dengan landasan pemikiran tersebut, Rakom Ampera FM Desa Sekotong Tengah Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat, semakin giat menyuarakan protokol kesehatan terutama 3M.
"Rakom Ampera FM Desa Sekotong Tengah ini sangat gencar mensosialisasikan dan mengkampanyekan tentang protocol Kesehatan diantaranya memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan," terangnya.
Rakom Ampera FM Desa Sekotong Tengah merupakan salah satu radio darurat covid 19, bekerjasama dengan Jaringan Radio Komunitas Indonesia (JRKI) NTB dan Kementrian Perlindungan Perempuan dan Anak (KemenPPA) RI.
"Rakom Ampera aktif mensosialisasikan protokol covid 19 melalui Iklan Layanan Masyarakat (ILM), yang disiarkan setiap hari," imbuhnya.
Ada beberapa iklan layanan masyarakat yang disiarkan, seperti cara pencegahan covid 19 bagi ibu hamil, nifas, menyusui, lansia, dan ODHA.
"Semua itu bertujuan tidak lain adalah untuk mencegah dan memutus matarantai Covid-19, sehingga Kampung Sehat yang diharapkan dapat terwujud," tandasnya.(**)

0 komentar:

Posting Komentar