Tim Pokja Kampung Sehat Desa Sekotong Tengah Lakukan Peningkatan Fasilitas Desa Pada Aspek Kesehatan dan Aspek Keamanan


Lombok Barat-JournalNTB.Com-Guna mengatasi permasalah kasus Covid-19 yang terjadi di wilayah Kabupaten Lombok Barat,  program kampung sehat Kecamatan Sekotong berupaya penuh dalam melakukan pencegahan terhadap problematikanya.
Dalam upaya tersebut, Polsek Sekotong sebagai pendamping bersama Tim Pokja dalam program Kampung Sehat Kecamatan Sekotong bersama pemerintah Desa gencar meningkatkan kualitas dari berbagai aspek penilaian salah satunya aspek keamanan yang berlokasi di Desa Sekotong Tengah Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat ini, Kamis. (8/10)
Kapolsek Sekotong Iptu I Kadek Sumertha, S.H., mengungkapkan bersdama Tim Pokja Kampung Sehat Desa Sekotong Tengah mendorong peningkatan beberapa fasilitas yang menjadi pendukung pada aspek-aspek kampung sehat seperti pembangunan rumah isolasi dan dan Poskamling.
"Sebagai salah satu Desa yang meraih 3 besar pada perlombaan Kampung Sehat di Kabupaten Lombok Barat Kami bersama Tim Pokja Desa Sekotong Tengah mendorong semangat masyarakat dalam meningkatkan fasilitas Penunjang pencegahan Covid-19 seperti Pembangunan rumah isolasi dan Poskamling," tuturnya.
Peningkatan pembangunan rumah isolasi yang dilakukan tersebut pasalnya warga masyarakat yang berdomisili daerah tersebut banyak yang bekerja diluar daerah dan menjadi Buruh Migran Indonesia (BMI).
Oleh karenanya penyediaan fasilitas kepada masyarakat yang kembali ke Desa Sekotong Tengah tersebut dapat dilakukan pemantauan guna menghindari resiko penyebaran Covid-19 diluar dari Desa Sekotong Tengah.
"Mengingat tidak sedikitnya masyarakat Desa sekotong Tengah yang bekerja diluar daerah dan menjadi Buruh Migran Indonesia, peningkatan fasilitas Rumah Isolasi ini merupakan upaya dalam memaksimalkan pencegahan penularan Covid-19 yang dapat beresiko ditularkan oleh Masyarakat yang masuk ke Desa Sekotong Tengah," imbuhnya.
Lanjutnya, secara berkala Polsek Sekotong bersama Tim Pokja yang telah memberikan himbauan kepada Pemerintah dan masyarakat Desa untuk mengatasi penyebaran Covid-19 ini juga terus melakukan pemantauan terhadap kebersihan lingkungan untuk menjaga kelayakan dan memaksimalkan keperuntukan rumah isolasi yng dibangun.
Disamping itu, terhadap aspek keamanan menjadi perhatian dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan Desa Sekotong Tengah Kecamatan Sekotong yang juga menjadi momok dalam penilaian program Kampung Sehat.
"Dengan digelorakannya Lomba Kampung Sehat, adanya Poskamling yang dibangun secara permanen tersebut ditujukan untuk lebih dapat menjaga Stabilitas Kamtibmas di Desa yang akan dilakukan pembinaan langsung oleh Personil Bhabinkamtibmas," bebernya.
Peningkatan Pembangunan Poskamling yang dibuat bergotong royong secara permanen tersebut berlokasi di Dusun Sekotong II Desa Sekotong Tengah yang pembangunannya sudah hingga tahap pemasangan rangka atap.
"Dengan menumbuhkan partisipasi masyarakat bergotong royong bersama pemerintah Desa, kami berharap dapat meningkatkan kualitas Desa Sekotong Tengah ini dalam mengikuti Lomba Kampung Sehat khususnya pada Aspek Kesehatan dan Aspek Keamanan ini," harapnya.(**)

0 komentar:

Posting Komentar