TMMD ke 109 Resmi di Tutup Pangdam IX Udayana, Sekaligus Peresmian Koramil 1628-04/Poto Tano dan Koramil 1628-05/Jereweh Kodim 1628/Sumbawa Barat


Sumbawa Besar.journalntb.com-
Penutupan TMMD ke-109 TA 2020 dan Peresmian Koramil 1628-04/Poto Tano serta Koramil 1628-05/Jereweh Kodim 1628/Sumbawa Barat Korem 162/Wira Bhakti.yang dipimpin oleh Pangdam IX/Udayana, Mayor Jendaral TNI Kurnia Dewantara.Bertempat di Aula H. Medilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa.Rabu (21/10/2020).

Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd.Dalam sambutannya menyampaikan TNI dan Polri bagi kami di NTB sangat dekat. Peristiwa yang kami alami memberikan pelajaran adalah kekompakan dan Sinergitas adalah kunci yang utama bagi pembangunan daerah,di NTB Pemerintah Daerah dengan TNI sangat kompak.Seperti halnya terjadi gempa bumi beberapa tahun lalu yang Kita bersama sama mengatasi permasalahan yang ada di daerah.

Di masa pandemi Covid 19 saat ini, berkat kerjasama TNI-Polri dan Pemda bisa kita atasi bersama sama. Efek dari pandemi Covid 19 sangat luar biasa dan membuat kita bahkan dunia panik. Namun berkat sinergitas TNI Polri dan Pemda kita bisa bangkit di tengah pandemi Covid 19 tersebut.

"Masa pandemi TNI Polri sebagai ujung tombak di masyarakat yang memberikan sosialisasi dan edukasi untuk mutus mata rantai penyebaran Covid-19.'jelasnya

Lanjutnya,Hikmah yang bisa kita ambil di tengah musibah bertubi -tubi yang kita alami adalah dengan bersinergi,kita bisa bangkit kembali dari keterpurukan akibat musibah tersebut.Terimakasi kepada TNI atas bantuannya kepada Pemda melalui TMMD yang bisa mengangkat keterbatasan kami dengan pembuatan irigasi, jembatan dan lain lainnya yang sangat membantu kami warga NTB.

"Semoga program TMMD ke109 tersebut terus berlanjut dan program -program lainnya yang sangat strategis dan membantu kami semoga terus di jalankan dan di lanjutkan. Terimakasih TNI semoga jaya selalu."harapanya

Kemudian Pangdam IX/Udayana Mayjend TNI Kurnia Dewantara penandatanganan Naskah serah terima dan penyerahan hasil kerja TMMD ke-109 TA 2020 Kodim 1607/Sumbawa. Dilanjutkan pernyataan peresmian dan Penanda tangan Prasasti Koramil 1628-04/Poto Tano serta Koramil 1628-05/Jereweh Kodim 1628/Sumbawa Barat

Amanat Pangdam IX/Udayana sekaligus pernyataan resmi penutupan TMMD ke-109 TA 2020 Kodim 1607/Sumbawa menyampaikan.Hari ini, seluruh masyarakat dan instansi terkait, Pemda serta Prajurit TNI telah menyelesaikan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-109 dengan baik dan sukses. Selama satu bulan penuh mulai tanggal 22 September 2020 hingga dengan 21 Oktober 2020 kegiatan TMMD Ke-109 dilaksanakan dengan melibatkan 600 Prajurit TNI serta komponen masyarakat yang tersebar di empat Kabupaten/Kota Bali Nusra, dengan harapan dapat menggelorakan kembali semangat gotong royong dan sebagai momentum untuk berpartisipasi membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 ditengah-tengah situasi Pandemi saat ini.

Pangdam Udayana,mendapat laporan bahwa sasaran dan volume pekerjaan TMMD cukup berat, sedangkan sarana dan prasarana serta waktu yang dibutuhkan sangat terbatas, namun dengan semangat, kekompakan dan disiplin serta rasa tanggung jawab dari semua pihak, baik TNI, Polri, masyarakat dan instansi terkait lainnya bersatu padu, bahu membahu menyelesaikan program TMMD Ke-109 sehingga semua sasaran yaitu mulai dari sasaran fisik berupa pembangunan infrastruktur baik fasilitas umum dan sosial dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu serta sasaran non fisik berupa kegiatan penyuluhan/sosialisasi berbagai materi yang dibutuhkan oleh masyarakat diantaranya pelaksanaan protokol Kesehatan Covid-19.

Dengan berakhirnya TMMD ini, saya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur, Bupati/Walikota, para prajurit TNI-Polri, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat atas dukungan dan partisipasinya dalam kegiatan TMMD Ke-109 di tengah situasi Pandemi Covid-19 ini. Dan juga kepada Kementerian/LPNK yang telah bersinergi dengan baik dalam program TMMD, terlebih kepada masyarakat dan semua pihak yang telah membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan TMMD di wilayah jajaran Kodam IX/Udayana. Mudah-mudahan apa yang telah dibangun ini dapat membantu menumbuhkan semangat dan inovasi yang kuat dalam mewujudkan pembangunan di daerah. 

Pangdam IX Udayana berharap, kepada masyarakat untuk ikut merasa memiliki dan peduli terhadap hasil-hasil yang telah dicapai dalam pelaksanaan TMMD Ke-109 ini. Pelihara dan rawat dengan baik sarana dan prasarana yang telah dibangun, sehingga manfaatnya dapat dinikmati dalam jangka waktu yang lama.

"Marilah kita pertahankan semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan rakyat. TNI selalu hadir di tengah-tengah masyarakat dengan membantu menyelesaikan permasalahan dan memberikan kontribusi untuk kesejahteraan masyarakat. Kita tidak boleh mudah terhasut dan terprovokasi oleh pihak manapun yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa serta keutuhan NKRI."tegasnya

Lanjutnya ,mari kita lestarikan semangat gotong royong sebagai warisan budaya Bangsa Indonesia yang sudah terbina dengan baik,pelihara hasil TMMD Ke109, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang dan adakan perawatan bersama masyarakat secara mandiri dan swadaya.

Selanjutnya Kepada Dandim 1607/ Sumbawa selaku Dansatgas TMMD Ke-109, lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD ini untuk dijadikan bahan perbaikan pada TMMD mendatang. Dan kepada para Prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD, dengan selesainya kegiatan ini segera kembali ke satuan pasukan masing-masing dan perhatikan faktor keamanan selama dalam perjalanan serta tetap jalin komunikasi yang baik dengan masyarakat. Mari kita tetap saling mengingatkan untuk disiplin dalam protokol kesehatan sebagai bentuk kepedulian dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Pada kesempatan yang baik ini Mayjend TNI Kurnia Dewantara mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Bupati Kabupaten Sumbawa Barat dan semua pihak yang telah memberikan dukungan dan bantuannya sehingga proses pembangunan kedua Markas Koramil 1628-04/Poto Tano dan Koramil 1628-05/Jereweh Kodim 1628/ Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dapat berjalan dengan lancar.

Dengan adanya peresmian dua Koramil ini, Pangdam IX Udayana tekankan kepada Dandim 1628/Sumbawa Barat agar melaksanakan pembinaan satuan, tingkatkan sinergitas TNI-Polri, jalin kerja sama dengan seluruh komponen masyarakat untuk membangun kesadaran berbangsa dan bernegara guna terciptanya kemanunggalan TNI dengan rakyat, sesuai pesan Panglima TNI Sinergi Untuk Negeri".

Pangdam IX/Udayana selaku Pengendali Kegiatan Operasional TMMD mewakili seluruh Prajurit TNI dan Polri, menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat apabila selama pelaksanaan TMMD ada tutur kata, tindakan maupun perbuatan prajurit yang kurang berkenan di hati. Akhirnya, dengan mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, pada hari ini Rabu tanggal 21 Oktober 2020 Program TNI Manunggal Membangun Desa Ke-109 secara resmi nyatakan ditutup.  

Perlu diketahui dalam penutupan TMMD ke 109 kodim 1607 Sumbawa Barat hadir.Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara.Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd.Aslog Kasdam IX/Udayana, Kolonel Cpl Simon Petrus Kamlasi. Aster Kasdam IX/Udayana, Kolonel Inf I Made Mahaparta.Kasrem 162/Wira Bhakti, Kolonel I Made Kariawan.Kasi Pers Korem 162/Wira Bhakti, Kolonel Caj Rudi Priyanto, S.E.Dandim 1607/Sumbawa, Letkol Kav Rudi Kurniawan, S.Sos, M.Tr (Han).Dandim 1607/Sumbawa Barat, Letkol Czi Sunardi, ST, M.IP. Kasmin Pangdam IX/Udayana, Mayor Inf Dhavid Nur Hadiansyah. Sekda Sumbawa Drs. H Hasan Basri MM.Sekda Kabupaten Sumbawa Barat, Dr. H. Abdul Aziz, S.H. Kapolres Sumbawa AKBP Widy Saputra S.IK.Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Herman Suryono.Forkopimda Kabupaten Sumbawa dan Forkopimda Kabupaten Sumbawa Barat.(Rozak)




0 komentar:

Posting Komentar