Danrem 162/WB Resmi Membuka Pelatihan Penaggulangan Bencana Alam di Kabupaten Sumbawa Barat.


Sumbawa Barat.journalntb.com-
Kodim 1628 Sumbawa Barat Bersinergi bersama pemerintah daerah kabupaten Sumbawa Barat untuk pelatihan menanggulangi terjadinya bencana alam gempa Bumi yang berpotensi sunami di wilayah kabupaten Sumbawa Barat. Bertempat di Gedung Graha Fitra KTC. Senin (02/11/2020) pukul 08.30 wita.

Hal ini Pjs. Bupati Sumbawa Barat Dr. H. M. Agus patria, SH MH.yang dan dampingi Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Ir. Abdul Muis MM.Dalam sambutan nya mengucapkan Selamat Datang kepada Danrem 162/Wira Bhakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos., SH., M.Han Bersama Jajaran Korem 162/Wira Bhakti.

Dr.H.M Agus Patria menyampikan, jagalah persatuan dan kesatuan 
Proses latihan ini merupakan bentuk kesiapan kita dalam memperlihatkan kepada masyarakat dalam kesiapan penanggulangan Bencana Alam. Latihan ini merupakan bentuk bagaimana kita membantu masyarakat bilamana terjadi bencana, dengan pelatihan yang ada kita bisa memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana masyarakat menghadapi bencana.

"Semoga kehadiran Bapak Danrem ke tempat ini dapat memberikan semangat bagi para peserta pelatihan. Mari kita tunjukkan secara bersama-sama semua pihak dalam mendukung kegiatan latihan penanggulangan bencana ini Insyaallah dalam waktu 4 hari pelaksanaan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat."jelasnya.

Sambutan Danrem 162/WB (Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos., SH., M.Han menyampikan bahwa pada hari ini kita dapat mengikuti kegiatan pembukaan latihan penanggulangan bencana alam Korem 162/WB TA. 2020 di wilayah Sumbawa Barat, dalam keadaan sehat walafiat. 

Brigjend A.Rizal menjelaskan.Wilayah Bali-Nusra memiliki kondisi geografis, geologis, hidrologis dan demografis yang memungkinkan terjadinya bencana alam, baik yang disebabkan oleh faktor alam, maupun faktor non alam termasuk akibat dari faktor manusia,"salah satunya karena wilayaah Bali-Nusra terdiri dari beberapa kepulauan yang dilalui jalur pegunungan Mediteranian dan adanya zona subduksi akibat pertemuan antara Lempeng Euresia dan Lempeng Indonesia-Australia."jelasnya

Ia menambahkan, Batas pertemuan ini berupa palung lautan (Oceanic Trench) di sebelah selatan wilayah Provinsi Bali-Nusra.Dampak yang ditimbulkan dari peristiwa bencana alam akan banyak menimbulkan kerugian, baik berupa fisik maupun non fisik sehingga akan berpengaruh pada jalannya roda pemerintahan serta segala aktifitas kehidupan masyarakat di wilayah Bali-Nusra. 

Untuk itu Korem 162/WB dianggap perlu untuk segera mengambil langkah-langkah penanganannya melalui Latihan Penanggulangan Bencana Alam sesuai tugas pokok yang telah diamanatkan dalam undang-undang dan terjabarkan dalam Rencana Tindakan Kontijensi (Rentinkon) Kodam IX/Udayana.

"Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan prajurit dan menguji kesiapan sarana prasarana yg dimiliki satuan jajaran Korem 162/WB, diperlukan suatu latihan untuk siap menghadapi bencana alam yang paling mungkin akan terjadi, yaitu gempa bumi yang berpotensi gelombang pasang tsunami, sehingga penanganannya dapat dilaksanakan secara cepat dan tepat. "jelasanya 

Pada kesempatan ini, Brigjend A.Rizal menyampaikan kepada seluruh peserta latihan agar melaksanakan dan mengikuti semua materi latihan dengan serius serta bersungguh-sungguh sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing. 

A.Rizal Beliau berharap latihan ini dapat berjalan lancar dan mencapai sasaran. Seluruh peserta nantinya akan diberikan beberapa materi latihan berupa pengetahuan maupun keterampilan yang berkaitan dengan penanganan bencana alam, sehingga apabila nantinya terjadi bencana maka para anggota jajaran Korem 162/WB yang bersinergi dengan instansi-instansi terkait lainnya dapat dengan cepat memberikan pertolongan kepada masyarakat yang tertimpa bencana.

"Ia menekankan untuk mengutamakan faktor keamanan dan mentaati protokol kesehatan covid-19, dan kepada para peserta agar memperhatikan semua  petunjuk atau instruksi yang diberikan  oleh para pelatih sehingga selama berlangsungnya  seluruh  rangkaian kegiatan latihan tidak menemui kendala serta dapat berjalan dengan tertib dan aman"harapannya

Perlu diketahui hadir dalam kegiatan tersebut.Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani,S.Sos. SH., M.Han.Pjs. Bupati Sumbawa Barat Dr. H. M. Agus patria, SH MH.Sekda Kabupaten Sumbawa Barat H. Abdul Azis, SH.,MH.Kasiintel Kasrem 162/Wira Bhakti Kolonel Czi Setya Asmara, S.I.P.Kasiops Kasrem 162/Wira Bhakti Kiolonel Inf Susilo.Kasiter Kasrem 162/Wira Bhakti Kolonel Inf Budi Rahmawan.Kasilog Kasrem 162/Wira Bhakti Kolonel Cba Hery Ismailliya, S.E. 
Dandim 1628/Sumbawa Barat Letkol Czi Sunardi ST MIP.Dandim 1607/Sumbawa Letkol Kav Rudi Kurniawan, S.Sos,M.Tr.Han.Kapolres Sumbawa Barat AKBP Herman Suriyono, S.I.K.,MH.Kasi Intel Kajari Sumbawa Barat  I Nengah A.Pasi Lat Korem 162/WB Mayor inf Hery Mujiono. Para Danramil jajaran Kodim 1628/Sumbawa dan Forkopimda Sumbawa Barat.(Rozak)

0 komentar:

Posting Komentar