Kapolda NTB Buka Pendidikan Pembentukan Bintara Polri T.A. 2020-2021


Lombok Timur –Journal NTB.Com- Pasca Sidang Terbuka Kelulusan Akhir dalam rangka Penerimaan Bintara Polri Tahun Anggaran (T.A.) 2020-2021 (pekan lalu), Selasa (17/11), Kapolda NTB Irjen Pol. Mohammad Iqbal, S.I.K., M.H. secara resmi membuka Pendidikan Pembentukan atau Diktuk Bintara Polri T.A. 2020-2021, di Lapangan Sekolah Pendidikan Kepolisian Negara (SPN) Polda NTB, Belanting, Lombok Timur, yang ditandai dengan penyematan tanda pangkat siswa.

Kapolda NTB M. Iqbal dalam arahannya mengungkapkan, para Siswa Diktuk Bintara Polri yang telah lulus seleksi dalam rekrutmen Bintara Polri T.A. 2020-2021, merupakan kebanggaan institusi Polri dan orang tua.

"Sebagai suatu kebanggaan, para Siswa Diktuk Bintara Polri harus memaknai kebanggan itu, dengan rasa syukur dan melaksanakan tugas sebagai siswa dengan baik, serta melaksanakan seluruh aturan regulasi yang ada," ungkap Kapolda NTB.

Dikatakan, pembentukan dan atau penggemblengan yang akan dijalankan oleh para Siswa Diktuk, dimaksudkan sebagai upaya untuk membentuk mental dan karakter insan Polri yang Profesional, Modern, dan Terpercaya (Promoter), yang nantinya berguna dalam mengemban amanah sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat. Pun dalam menjalankan amanah selaku penegak hukum di ranah publik.

"Oleh karena itu, rekan-rekan semua harus melaksanakan pendidikan ini dengan sebaik-baiknya dengan penuh semangat, dedikasi yang luar biasa. Rekan-rekan juga harus tetap menanamkan hal yang paling utama, yaitu berke-Tuhan-an Yang Maha Esa," tandasnya.

"Dengan senantiasa menanankan ketaqwaan dan selalu beribadah, insya Allah, nantinya Siswa Diktuk Bintara Polri ini akan menjadi Polri yang totalitas, dalam mengabdi kepada masyarakat, bangsa, dan negara," imbuh M. Iqbal.

Jenderal bintang dua itu juga menyampaikan, Diktuk Bintara Polri tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19. Karenanya, penerapan dan atau kepatuhan terhadap protokol kesehatan menjadi penekanan tersendiri.

"Ada hal penting yang harus juga dilaksanakan yaitu tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker, dan tetap mencuci tangan. Kepada rekan- rekan Siswa Diktuk Bintara Polri agar tetap menjaga kesehatan, hingga nantinya pendidikan ini ditutup dan rekan-rekan semua, dapat menjadi personel Polri yang Profesional, Modern, dan Terpercaya," tutupnya.

Usai memberikan arahan, Kapolda NTB selaku Inspektur Upacara berkenan menyematkan tanda pangkat siswa, kepada perwakilan Siswa Diktuk Bintara Polri T.A. 2020-2021, dilanjutkan dengan pelantikan Siswa Diktuk, dan tradisi penyiraman kembang kepada perwakilan siswa oleh Kapolda dan Ketua Bhayangkari Daerah NTB.

Tampak hadir dalam upacara pembukaan tersebut, Kepala SPN Polda NTB, PJU Polda NTB, PJU SPN Polda NTB, Kasi Pers Korem 162/Wira Bhakti, Dandim Pom AL, Kepala Kejaksaan Negeri Selong, Kepala Pengadilan Negeri Selong, serta perwakilan Bupati/Walikota se-Pulau Lombok.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda NTB bersama tamu undangan melaksanakan kegiatan penanaman pohon dan peresmian Gedung Cabang Bhayangkari SPN Polda NTB.(**)



0 komentar:

Posting Komentar