Persiapan Musim Hujan, Distan KSB Distribusikan Benih Padi Bantuan HMS

Sumbawa Barat.journalntb.com-
Memasuki musim penghujan ditahun 2020 ini, Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa Barat (Distan KSB) telah mendistribusikan sebanyak 186.325 kg benih padi kepada kelompok tani yang berada di delapan kecamatan.

Benih padi yang didistribusikan tersebut merupakan aspirasi HM Syafrudin ST MM, Komisi IV Dapil Pulau Sumbawa, melalui Kementerian Pertanian untuk membantu para petani di 'Tanah Pariri Lema Bariri' ini.

Kepala Distan KSB, Suhadi melalui Kepala Bidang Tanaman Pangan, Syaiful Ulum mengatakan bahwa jumlah benih padi tersebut diperkirakan dapat mencukupi lahan seluas 7.453 hektare yang tersebar di semua kecamatan di KSB.

"Jadi, semua petani padi dipastikan mendapatkan bibit tersebut. Berdasarkan perkiraan, 1 hektare lahan akan mendapat 25 kilogram bibit padi," ujarnya Saat dikonfirmasi media, Selasa (3/11/2020). 

Dia menuturkan, bahwa bantuan benih padi yang diberikan oleh HM Syafrudin melalui aspirasinya tersebut ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah dengan hanya men-drop ke para petani. Pembagian benih padinya juga telah dihitung oleh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL).

"Benih yang diberikan tersebut cukup atau tidaknya didalam satu hektar sawah petani tetap diberikan 25 kg per hektare karena hal itu sudah ketentuan teknis," ujarnya.

Dengan adanya bantuan benih padi tersebut, Syaiful berharap agar dapat menolong dan meringankan beban para petani yang seharusnya membeli benih padi tetapi dengan adanya bantuan ini mereka tidak perlu lagi membeli benih.

"Semoga bantuan yang diberikan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para petani dan hasil panennya nantipun dapat sesuai dengan yang diharapkan," pungkasnya.

Berdasarkan data yang di dapat media ini, Kecamatan Sekongkang mendapatkan bantuan sebanyak 13.900 kg benih padi dengan luas lahan 556 hektare, Kecamatan Maluk mendapatkan bantuan sebanyak 3.375 kg benih padi dengan luas lahan 135 hektare, Kecamatan Jereweh mendapatkan bantuan sebanyak 24.475 kg benih padi dengan luas lahan 979 hektare, Kecamatan Seteluk mendapatkan bantuan sebanyak 56.950 kg benih padi dengan luas lahan 2.278 hektare, Kecamatan Poto Tano mendapatkan bantuan sebanyak 12.300 kg benih padi dengan luas lahan 492 hektare, Kecamatan Taliwang mendapatkan bantuan sebanyak 48.075 kg benih padi dengan luas lahan 1.923 hektare, Kecamatan Brang Rea mendapatkan bantuan sebanyak 19.675 kg benih padi dengan luas lahan 787 hektare, Kecamatan Brang Ene mendapatkan bantuan sebanyak 7.575 kg benih padi dengan luas lahan 303 hektare. 

Bukan hanya benih padi, HM Syafrudin ST.,MM Komisi IV Dapil Pulau Sumbawa juga memberikan bantuan berupa benih jagung hibrida bisi 18 untuk lahan seluas 250 ha, dengan rincian 174 ha lahan untuk petani di Desa Talonang Baru, 76 ha lahan untuk petani di Desa Tua Nanga.(Red)

0 komentar:

Posting Komentar