Pohon Tumbang Dimana-mana, Kesigapan Gabungan Polres Lobar, Pos Ramil Labuapi, dan BNPB Berhasil Mengatasinya*


Lombok Barat,Journal NTB.Com-Peringatan BMKG, tentang cuaca Hujan Lebat, Petir dan angin kencang ditindak lanjuti oleh jajaran Polres Lombok Barat.
Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus S. Wibowo, SIK melalui Kabag Ops Polres Lobar AKP Kadek Metria S.Sos. S.H., M.H, mengatakan tindak lanjut melalui kesiapsiagaan jajarannya, Minggu (15/11).
"Peringatan dari BMKG ini diatensi oleh Jajaran Polres Lombok Barat, baik kesiapsiagaan maupun koordinasi dengan pihak terkait," ungkapnya.
Seperti yang telah diinformasikan sebelumnya bahwa Pemda Lobar, Jajaran Polres Polres Lobar, dan Kodim 1606 WB/Lobar bersama Stake Holder lainnya telah menggelar apel Konsolidasi Kesiapsiagaan Bencana.
"Angin Kencang disertai hujan, telah mengakibatkan pohon tumbang dibeberapa titik di Lombok Barat khususnya di Wilayah labuapi, sehingga Jajaran Polres Lobar, TNI, dan BNPB segera melakukan pembersihan," jelasnya.
Menurutnya, Tindakan cepat ini dilakukan untuk mengantisipasi Potensi Kecelakaan serta kemacetan lalulintas di titik-titik Lokasi ini.
"Selain itu, bersama instansi terkait juga melakukan pengecekan dan pemeriksaan untuk pohon-pohon yang berpotensi tumbang, untuk ditindaklanjuti dengan melakukan koordinasi dalam tindakan yang akan diambil," imbuhnya.
Kabag Ops juga menjelaskan bahwa, pohon tumbang yang terjadi di Wilayah labuapi ini, menutupi jalan dan harus di singkirkan dari jalan raya karena sempat menyebabkan arus lalulintas menjadi terhambat.
"Dengan menggunakan mesin potong, personil Polsek Labuapi, personil Pos Ramil Labuapi, personil Polres Lobar dan BNPB di bantu masyarakat segera melaksanakan pembersihan," imbuhnya.
Setelah di lakukan upaya pembersihan, kini arus lalin kembali normal, dan beruntung tidak menimbulkan korban luka maupun korban meninggal dunia dalam peristiwa ini.
Adapun beberapa titik pohon tumbang dan genangan air terjadi diantaranya di Jl. Raya Gunung Pengsong, tepatnya di sebelah barat Kantor Camat Labuapi.
"Dilokasi ini Satu pohon tumbang dan mengakibatkan 1 tiang listrik tumbang dan patah," jelasnya.
Di Lokasi lainnya, pohon tumbang juga terjadi di Jalur lambat BIL II tepatnya di Dusun Jerneng Desa Terong Tawah dan Jl. TGH. Lopan depan Kantor Basarnas Labuapi.
"Sedangkan yang di Jl. TGH.Lopan tepatnya di depan SMK PP Mataram, satu pohon Randu yang tumbang tidak sampai menutupi jalan, karena tumbang ke arah persawahan," imbuhnya
Sebanyak lima Pohon juga tumbang juga terjadi di sebelah barat Pasar Karang Bongkot,  sampai dengan depan Kantor Desa Karang Bongkot mengakibatkan kerusakan yaitu satu tiang listrik patah.
"Potensi gangguan lainnya juga terjadi genangan air, tepatnya di Under Pass Bajur Labuapi yang mengakibatkan arus lalin terhambat, sehingga dilakukan pengaturan lalulintas di Lokasi ini," tandasnya.(**)

0 komentar:

Posting Komentar