Amankan Natal dan Tahun Baru Polres KSB Gelar Lat Operasi Terpusat Lilin Rinjani 2020

Sumbawa Barat.journalntb.com - Wakapolres Sumbawa Barat Kompol Teuku Ardiansyah mengatakan bahwa pihaknya akan melaksanakan Ops terpusat atau Ops Lilin Rinjani tahun 2020 selama kurang lebih 15 hari yaitu mulai tanggal 21 Desember 2020 sampai 04 Januari 2021 mendatang. 

Untuk mengahadapi Ops tersebut Polres Sumbawa Barat melaksanakan Lat Ops Lilin Rinjani 2020 di aula Endra Dharmalaksana Polres setempat, Kamis (17/12).

Sebelumnya Polres jajaran telah melakukan video conferensi dengan Wakapolda NTB terkait gelaran Ops Lilin Rinjani yang akan dilaksanakan sehingga untuk mendukung dan menindaklanjuti hal itu diadakannya Lat Ops Lilin Rinjani 2020.

"Lat Ops Lilin Rinjani ini dilaksanakan agar anggota yang menjalankan tugas mengerti mekanisme pengamanan nantinya," ujar Wakapolres Sumbawa Barat Teuku Ardiansyah saat memberikan sambutan sekaligus membuka Lat Ops Lilin Rinjani di aula Endra Dharmalaksana Polres setempat, Kamis (17/12).

Ia mengimbau personel bahwa Ops Lilin Rinjani yang dilaksanakan pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena dalam masa pandemi Corona. Oleh karenanya ia meminta personel untuk tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan diri saat bertugas. 

"Rekan-rekan yang melaksanakan tugas tetap berdoa dan jaga kesehatan serta keselamatan. Jika ada anggota yang mengalami gangguan kesehatan segera berkoordinasi dengan Urkes Polres," kata nya. 

Bahkan dalam Ops yang dilakukan setiap tahun itu Polres Sumbawa Barat akan menempatkan dua pos PAM yaitu di Maluk dan Poto Tano untuk membantu mengamankan Ops lilin Rinjani dalam peringatan Natal dan Tahun Baru 2020.

Sementara itu, Kasat Intelkam Polres Sumbawa Barat Iptu Made Wikerta Yasa yang ditemui di Polres setempat mengimbau masyarakat agar tidak termakan hasutan yang dapat memecah belah dan mengganggu kondusifitas di lingkungan masyarakat. 

"Mari kita wujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan damai serta memberikan perlindungan dan toleransi kepada umat kristiani yang merayakan natal dan tahun baru," katanya. 

Ia mengatakan akan mengamankan dan menempatkan personel di tempat strategis seperti rumah ibadah, hiburan malam dan lokasi akses publik lainnya.

"Kami akan menyiapkan pos-pos PAM untuk mengamankan natal dan tahun baru secara maksimal demi mencegah gangguan Kamtibmas," ujarnya.

Untuk mendukung keamanan dan kelancaran lalulintas pada perayaan Natal dan Tahun Baru 2020, Kasat Lantas AKP Ricky Yuhanda menegaskan bahwa pihaknya akan menempatkan personel di pos-pos PAM untuk mengamankan jalur lalu lintas selama natal dan tahun baru. 

"Peningkatan arus lalu lintas pada akhir tahun bertepatan dengan libur natal dan tahun baru dan diprediksi banyak masyarakat yang akan mudik, sehingga personel harus siaga," katanya. 

Ia juga mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam melakukan perjalanan pada akhir tahun karena cuaca yang ekstrem. Ia juga meminta personel agar dapat menyiapkan diri dan alat pribadi untuk menunjang kegiatan di lapangan dalam cuaca ekstrem. 

Kabag Ops AKP Iwan Sugianto meminta warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran cobid-19 yaitu tetap memakai masker, menjaga jarak dan rutin mencuci tangan secara rutin. 

Ia juga akan mengutus personel dari Intel dan Reskrim untuk memantau situasi di lapangan.Jika terdapat indikasi yang akan mengganggu Kamtibmas agar dapat segera ditindaklanjuti. 
 
Kegiatan tersebut di hadir Waka Polres Sumbawa Barat Kompol Teuku Ardiansyah SH. Kabag OPS Polres Sumbawa Barat AKP Iwan Sugianto SH.Kasat Lantas Polres Sumbawa Barat AKP Ricky Yuhanda.SE,S.I.K.Kasat Sabhara Polres Sumbawa  Barat  Iptu Hasanuddin.Kasat Intelkam Polres Sumbawa Barat IPTU Made Wikerta Yasa.Kasubag log AKP Arman Wijaya. Kasiwas Polres Sumbawa Barat IPDA Handoko.Kapolsek Maluk AKP Sidik Pria Mursida SH.Kapolsek KP3 Tano IPDA Anang Makruf.Anggota polres Sumbawa Barat dan Anggota kompi Brimob Yon B Pelopor yang terlibat Sprint Ops Lilin Rinjani 2020 sekitar 80 Orang.(Humas)

0 komentar:

Posting Komentar