Cegah Penyebaran COVID-19, TNI-POLRI di Sumbawa Dukung Simulasi Pemungutan Suara Sampai Tingkat Desa

Sumbawa.journalntb.com– Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Tahun 2020 kali ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya dikarenakan akan dilaksanakan di masa Pandemi Covid-19. Menyikapi hal tersebut, TNI-Polri di Kabupaten Sumbawa bersinergi dengan KPU Kabupaten Sumbawa menggelar Simulasi dalam tahapan pengamanan dan pemungutan suara di TPS dalam Pilkada Kabupaten Sumbawa tahun 2020 dari tingkat Kecamatan sampai tingkat Desa di wilayah Kabupaten Sumbawa.

Demikian disampaikan Dandim 1607/Sumbawa Letkol Kav Rudi Kurniawan, S.Sos, M.Tr (Han) disela sela kesibukannya, Selasa (01/12/2020)

Dandim menyampaikan, dirinya bersama Kapoles Sumbawa memantau langsung simulasi yang telah terselenggara di 24 Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Sumbawa yang diikuti oleh semua anggota Koramil Jajaran Kodim 1607/Sumbawa dan anggota Polsek Jajaran Polres Sumbawa untuk memastikan pelaksanaan Pilkada pada tanggal 09 Desember 2020 nantinya berjalan sesuai Protokol Kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

"Kegiatan simulasi sampai tingkat Kecamatan dan Desa seperti ini manfaatnya sangat besar dan harus dilaksanakan dengan Standar protokol kesehatan di masa Pandemi covid-19 agar petugas di TPS mengetahui tugas dan tanggung jawabnya saat pemungutan suara nanti," ujarnya.

Dandim berharap, KPU Sumbawa bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) lebih intens agar masyarakat yang mempunyai hak pilih sampai tingkat Desa/Lingkungan/Dusun bisa menggunakan hak pilihnya serta merasa aman dan nyaman karena tetap dipandu untuk menerapkan protokol covid-19.

Menurutnya, sebagai Satgas Percepatan Pencegahan Penyebaran Covid-19 pihaknya wajib mengingatkan semua pihak agar pelaksanaan Pilkada 2020 bisa berjalan dengan aman dan sehat.

"Agar setiap tahapan kegiatan Pilkada bisa berjalan dengan baik sesuai protokol kesehatan para penyelenggara dan yang menggunakan hak pilih wajib memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan (3M)," imbuhnya.

Lebih lanjut Letkol Kav Rudi Kurniawan menambahkan, menghadapi Pilkada 2020 di Kabupaten Sumbawa TNI akan menjaga netralitas sebagaimana diatur dalam Undang-Undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, bahwa TNI tidak memihak, tidak ikut dan tidak membantu salah satu pihak dalam Pemilu.

"Kami selaku aparat akan bersikap netral, tugas kami bersama Polri yakni bagaimana mencitpakan situasi aman dan kondusif baik sebelum maupun sesudah Pilkada," tandasnya.(Rzk)

0 komentar:

Posting Komentar