Babinsa dan Babinkamtibmas Mertak Gerak Cepat Bantu Warganya Terdampak Banjir


Lombok Tengah,Journal NTB.Com- Akibat intensitas hujan yang cukup tinggi, mengguyur wilayah kabupaten Lombok Tengah mengakibatkan sebagian wilayah desa terdampak banjir seperti yang terjadi di Dusun Bumbang Desa Mertak Kecamatan Pujut sehingga personil Koramil 1620-02/Pujut dan Polsek Pujut harus gerak cepat membantu warga binaannya yang terdampak banjir, Rabu (20/01/2021).

Air yang setinggi lutut tersebut menggenangi wilayah Dusun Bumbang Desa Mertak disebabkan karena tersumbatnya aliran selokan oleh sampah sehingga mengakibatkan lebih kurang 28 rumah tergenang air dengan ketinggian 20-30 cm begitupun dengan jalan raya dan fasilitas umum ikut tergenang.

Dengan rasa tanggung jawab untuk memberi rasa aman bagi warga binaanya, Babinsa Mertak Serda Baharudin bersama Babinkamtibmas Bripka Ahmad Gunarta bahu membahu membantu warga.

Terkait kejadian tersebut, Danramil 1620-02/Pujut Kapten Cba Abdul Hamid mengatakan bahwa Babinsa Mertak Sertu Baharudin telah bergerak  melakukan aksi tanggap bencana, melakukan pendataan dan pengecekan baik personil maupun materil serta memantau perkembangan wilayah dan selanjutnya bersama instansi terkait melakukan tindakan penanganan lebih lanjut.

Beberapa langkah yang dilakukan Babinsa diantaranya menyingkirkan timbunan tanah, membersihkan sampah di saluran irigasi, memotong dan menyingkirkan ranting-ranting yang terbawa air ke rumah warga. 

"Kita bersama dinas, instansi terkait lainnya sedang mendistribusikan bantuan berupa terpal, hambal, mie instan, minyak goreng dan air mineral ke warga terdampak banjir," jelasnya. 

Disamping itu, menghimbau warga untuk tetap waspada terhadap perkembangan situasi yang ada. 

"Sampai saat ini kita masih berada di lokasi bersama warga dan syukur alhamdulillah air sudah mulai surut," pungkasnya.(**)

0 komentar:

Posting Komentar