Bentuk Mental dan Perilaku Generasi Muda, Babinsa Koramil Pringgarata Beri Materi Wasbang


Lombok Tengah, Journal NTB.Com-Siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan memiliki posisi strategis dalam membentuk dasar-dasar mental dan perilaku generasi muda bangsa. Usia seperti ini tentunya sangat penting diberikan bekal wawasan kebangsaan yang memadai untuk mewarnai perjalanannya meraih cita-cita dimasa yang akan datang. Dengan alasan tersebut, siswa SMK Qomarul Huda Bagu juga perlu diberi materi tentang wawasan kebangsaan.

"Sesuai dengan levelnya, tentu pemberian wawasan tersebut harus disesuaikan dengan keadaan usia. Sehingga bisa mudah dicerna, dipahami dan dimengerti untuk dilaksanakan dalam kehidupan," kata Babinsa Bagu Serka Lalu Zulkarnain Koramil 1620-09/Pringgarata disela pemberian materi kepada siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Qomarul Huda Bagu Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah, Rabu (27/01/2021).

Dandim 1620/Loteng Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan melalui Danramil 1620-09/Pringgarata Kapten Inf Syaipul, mengatakan kegiatan tersebut merupakan tugas mereka (TNI) untuk memberikan pemahaman soal "wasbang" dan bela negara di wilayah teritorialnya.

Termasuk urgensi empat pilar kebangsaan meliputi yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka tunggal ika.

"Tujuannya agar siswa/siswi dapat memahami dan mendalami arti dan makna serta nilai nilai sesungguhnya Pancasila dan UUD 1945," katanya.

Hal ini juga, lanjutnya upaya menumbuhkembangkan kecintaan anak-anak bangsa terhadap tanah air serta rela berkorban bagi bangsa dan negara dan menjadikan Pancasila sebagai ideologi negara.

"Kita juga menekankan siswa/siswi selaku pemegang estafet kepemimpinan bangsa kedepan agar tetap konsisten serta memiliki mental dan karakter yang baik," tutupnya.(**)

0 komentar:

Posting Komentar