Buka Latihan Pratugas Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 742/SWY, Ini Pesan Pangdam IX/Udayana


Mataram – Journal NTB.Com-Dalam kunjungan kerjanya di wilayah Korem 162/WB, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak membuka latihan Pratugas Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-RDTL Yonif 742/SWY di lapangan Trisula Batalyon Infanteri 742/SWY Gebang Mataram, Selasa (19/1/2021).

Pangdam IX/Udayana menegaskan, prajurit harus memiliki kemampuan fisik yang prima, beladiri, menembak ditambah dengan kemampuan navigasi dan pengetahuan yang mumpuni sehingga kedepan Yonif 742/SWY menjadi satuan hebat karena memiliki prajurit yang sejati, setia dan tidak mengenal menyerah di medan pertempuran.

"Paling tidak dari program latihan yang dijadwalkan tiap individu bisa mempertahankan dan meningkatkan kemampuan," harapnya.

Menurut Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, penugasan merupakan penghormatan yang paling tinggi di TNI apabila berhasil akan membuahkan suatu kebanggan bagi prajurit dan institusi, maka harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. 

"Ingat tugas kalian menjaga keamanan wilayah perbatasan, jadilah pelopor dalam meringankan kesulitan masyarakat di sekitar tempat tugas," ujarnya mengingatkan.

Selain itu, alumni Akmil 1992 tersebut juga mengingatkan para prajurit agar selalu menjaga kebersamaan dan kekompakan serta saling mendukung dan saling mengingatkan apabila ada perbuatan yang dapat merusak citra TNI. 

"Jadi jangan ada pelanggaran sekecil apapun, jalin kebersamaan dengan masyarakat di tempat tugas maka dengan sendirinya kemanunggalan TNI Rakyat akan terwujud," pungkas mantan Danpaspampres itu.

Terpisah Danrem 162/WB mengungkapkan bahwa selain membuka latihan Pratugas, Pangdam IX/Udayana juga meresmikan Canka Satya Wira Yudha Yonif 742/SWY serta menggelar adu panco dengan prajurit Satgas.
 
Dijelaskannya, Pangdam IX/Udayana beserta rombongan sangat menikmati adu panco maupun Display Drumband Canka Satya Wira Yudha, bahkan dirinya bersama Pangdam ikut larut dalam permainan Canka Satya Wira Yudha dengan mencoba basa drum dan para asisten pun ikut mencoba genderang maupun tenor.

"Ini luar biasa, suatu kebanggaan dan kehormatan bagi drumband Canka Satya Wira Yudha yang baru saja terbentuk langsung dimainkan Pangdam IX/Udayana," tandas Ahmad Rizal.(**)

0 komentar:

Posting Komentar