Polres Sumbawa Barat Ungakap Kasus Pencurian Hewan Ternak di Brang Rea

Sumbawa Barat.journalntb.com-
Kepolisian Sektor (Sektor) Brang Rea wilayah hukum Polres Sumbawa Barat berhasil ungakap pencurian, berdasarkan LP/22/1/2021/NTB/RES KSB/SEK Brang Rea,tanggal 23 Januari 2021.Telah mengamankan seorang laki-laki diduga pelaku pencurian hewan ternak jenis sapi.

Kapolres Sumbawa Barat AKBP Herman Suriyono Sik MH melalui Paur Subbag Humas IPDA Eddy Sobandi,S.Sos membenarkan kejadian tersebut, diketahui korban bernama Syahrullah,41 tahun,laki laki,alamat Rt,02/01 Dusun Brang Batu Desa Beru Kecamatan Brang Rea Kabupaten Sumbawa Barat.Dan H. Nur Imansyah, 49 Tahun, Laki-laki,alamat Rt 01/01 Dusun Brang Batu, Desa Beru Kecamatan brang Rea Kabupaten Sumbawa Barat. 

"Sementara diduga pelaku diketahui berinisial SS, 32 tahun,laki-laki, alamat Rt 01/03 Dusun Marente Beru Desa Marente Kecamatan Alas Kabupaten Sumbawa."Jelasnya Senin (25/1/21).

Eddy Sobandi menjelaskan kronologi kejadian.Pada hari kamis tanggal 21 Januari Sekitar pukul 22.00 wita pelapor memberi makan sapi-sapi tersebut dalam kandangnya, setalah itu pelapor pulang ke Desa Beru dan mengunci dengan gembok pintu pagar kandang tersebut, pada hari Jumat tanggal 22 Januari 2021 sekitar pukul 06.00 wita pelapor kembali ke kandang untuk memberi makan sapi namun sapi tersebut sudah tidak ada. 

Adapun ciri-ciri sapi sebanyak 4 ekor yang terdiri dari jantan 1 ekor tanduk nyangkung warna merah kalung selang warna kuning, indukan betina 1 ekor umur 3 tahun warna merah lubang di kuping kiri tanduk pele kalung selang warna putih Brahman betina 1 ekor umur 1 tahun warna hitam putih kalung selang warna putih dan jenis Bali super betina 1 ekor warna merah umur 1 tahun kalung selang warna putih, akibat kejadian tersebut pelapor mengalami kerugian sekitar Rp 36.000.000.

"Atas kejadian tersebut pelapor melaporkan kepihak kepolisian terdekat yaitu Polsek Brang Rea,untuk ditindaklanjuti agar pelaku segera ditangkap"Ujarnya

Kapolsek Brang Rea IPTU Santoso langsung perintahkan anggotanya untuk dilakukan penyisiran di pintu masuk tempat kejadian perkara (TKP), setelah itu petugas mendapat informasi dari masyarakat sekitar pukul 02.00 wita ada suara truk bermuatan berat tetapi tidak diketahui bermuatan apa.

"Kemudian di kembangkan lagi untuk cek CCTV di Sepenjang jalan ditemukan petunjuk CCTV di Pom Bensin tamekan Kecamatan Taliwang ada truk warna biru melintas sekitar jam 02.15 wita dari itu di kembangkan dan petunjuk para pedagang dan pop ara jagal bahwa pembeli sapi di kecamatan seteluk"

Selanjutnya di cari informasi pemilik truk bak warna biru dari situ dapat petunjuk truk tersebut milik orang alas kemudian di bantu oleh pulbaket alas di temukan pembeli sapi tersebut adalah orang merente, pada hari sabtu pagi di analisa dan evaluasi kembali hasil petugas melakukan pengembangan informasi dan hari Sabtu siang pukul 11.00 wita di temukan Barang Bukti sapi 2 ekor di desa merente kecamatan alas kemudian dilakukan penyitaan.

Kepolisian Resor Sumbawa Barat melakukan koordinasi dengan Polsek Alas untuk melakukan penangkapan terhadap seorang laki-laki diduga pencuri hewan ternak.Pelaku ditangkap di desa marente Kecamatan Alas dengan tanpa perlawanan,sedangkan pelaku berinisial KL yang beralamat di Dusun Bree Desa Sapugara Bree berhasil melarikan diri saat ini masih dalam tahap pencarian.

"Adapun barang bukti yang diamankan oleh petugas adalah, 2 (dua) ekor sapi,1 (satu) unit truck, kartu ternak, uang sejumlah Rp. 5.000.000,- (lima juta rupiah) dan 1 (satu) buah Hand phone merk samsung"Pungkasnya.

Hari senin tanggal 25 Januari 2021 dari hasil keterangan dan pengembangan pemeriksaan di temukan kembali Barang Bukti 2 ekor sapi, 1 ekor sapi di seteluk dan 1 ekor sapi di merente.Pelaku tersangka pencurian bersama barang bukti diamankan di Mapolres Sumbawa barat untuk kepentingan penyidikan.(Rozak)

0 komentar:

Posting Komentar