125 Pelanggar Terjaring Operasi Yustisi Prokes Covid-19 Oleh Tim Gabungan TNI-Polri dan Instansi Terkait.

Sumbawa Barat.journalntb.com-
Tim gabungan TNI-Polri dan Instansi terkait melakukan operasi yustisi penegakan protokol kesehatan (Prokes) Covid19,sebagai Implementasi Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang peningkatan pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan. Bertempat depan eks Pos lantas Jalan Ahmad Yani Kelurahan Kuang Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat.  Selasa (16/2/21) pukul 09.10 wita.

Kapolres Sumbawa Barat AKBP Herman Suriyono Sik MH melalui Paur Subbag Humas IPDA Eddy Sobandi,S.Sos menjelaskan, dalam operasi yustisi penegakan Prokes Covid-19 selain Inpres nomor 6 tahun 2020, juga di perkuat dengan Peraturan Daerah Provinsi NTB Nomor 7 Tahun 2020, dan Peraturan Kepala Daerah Kabupaten Sumbawa Barat Nomor 41 Tahun 2020.

"Sekitar pukul 09.15 wita melaksanakan apel persiapan Oprasi Yustisi penegakan protokol kesehatan Covid-19 Kabag Ops AKP Iwan Sugianto,SH yang di ambil alih oleh  Dal Ops Polres Sumbawa Barat AKP Made Suarta, dengan memberikan arahan kepada seluruh anggota yang terlibat operasi yustisi penegakan hukum Prokes Covid-19"jelasnya.
                   
Lanjutnya, di harapkan semua anggota yang terlibat dalam oprasi yustisi ini agar bisa bekerja sama dengan baik.Sebab tujuan kita untuk mendisiplinkan masyarakat agar tertib penggunaan masker, dan mentaati protokol kesehatan sehingga terhindar dari virus Covid-19.Adapun personil yang melaksanakan tugas dilapangan agar selalu bersikap humanis dan proporsional.

"Kegitan ini merupakan penekanan pimpinan agar kegiatan oprasi yustisi Covid-19 tetap kita laksanakan. Apabila ada masyarakat atau pengguna jalan tidak mau berhenti saat disetop tidak usa dikejar biarkan saja  mereka jalan untuk menghindari terjadi hal - hal yang tidak diinginkan."Pungkasnya

Sedangkan sanksi bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker yang terjaring dalam Oprasi Yustisi di berikan berupa Sanksi denda, Sanksi sosial, dan teguran tertulis.Adapun pelanggar sebanyak 95 orang diberikan Sanksi Sosial,27 orang diberikan teguran, sedangkan 3 orang diberikan sanksi berupa denda yang masing-masing Rp100.000.Sehingga Total pelanggar yang terjaring sebanyak 125 orang.

Selain itu juga, petugas memberikan himbauan kepada masyarakat agar tetap mematuhi Prokes Covid-19, dengan cara 4M (Mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, Memakai masker, Menjaga jarak dan Menghindari kerumunan.(Rozak)




0 komentar:

Posting Komentar