Bupati Terpilih Pathul-Nursiah Resmi Diumumkan Pada Rapat Paripurna DPRD



PRAYA.Journal NTB.Com-
Bapak Bupati dan bapak  Wakil Bupati Terpilih Kabupaten Lombok Tengah HL Pathul Bahri-Dr HL Nursiah S,Sos menghadiri Rapat Paripurna DPRD Pengumuman Hasil Penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Loteng Tahun 2020 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Lombok Tengah Jum'at (19/02/2021).

Dalam Acara Rapat itu  dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, PLH Bupati HL  Idham Khalid Mpd Sekaligus PLT Sekretaris Daerah Kabupaten Loteng Serta Asisten III. 

Pada Rapat itu terbuka untuk umum itu dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten M Tauhid SIP, Wakil Ketua DPRD, HL Rumiawan , HL Sarjana SH dan HM Mayuki Spd. serta dihadiri pula oleh Anggota DPRD,  Kepala Bagian Risalah  Perundang-Undangan dan Pengawasan, Herman Edy, Plt Sekwan Suhadi Kana S,sos.

Rapat Paripurna tersebut dilaksanakan dengan agenda Rapat Penyampaian Pengumuman Hasil Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2020 oleh Sekretaris DPRD Kabupaten, Pembacaan Rancangan Keputusan Dewan oleh Sekretaris Dewan serta Penandatanganan Keputusan Dewan dan Berita Acara.


Diketahui, pada rapat yang juga disiarkan secara live itu bahwa Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah adalah mekanisme yang harus ditempuh untuk kesinambungan penyelenggaraan Pemerintah Daerah sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Pemilihan Kepala Daerah hanya sebagaimana sarana guna mewujudkan pembangunan daerah secara integral dan berkelanjutan yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 pasal 160 ayat (3) yang menegaskan bahwa pengesahan, pengangkatan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati serta pasangan Walikota dan Wakil Walikota terpilih dilakukan berdasarkan penetapan calon terpilih oleh KPU Kabupaten/Kota yang disampaikan oleh DPRD Kabupaten/Kota kepada Menteri melalui Gubernur. Sebagai Implikasi, DPRD Kabupaten/Kota mengumumkan dalam rapat Paripurna hasil penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih oleh KPU Kabupaten/Kota sebelum disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur.

Berita Acara Penetapan Pasangan Calon Terpilih KPU  Lombok Tengah No 9/HK.03.1.kpts/5202/KPU kab /II/2021 dimana dalam rangka memenuhi ketentuan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 19 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 9 Tahun 2018 tentang Rakapitulasi Hasil Perhitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati maka disampaikan Berita Acara Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih. Paslon Pathul- Nursiah Dengan jargon Maiq-Meres itu meraup suara 199,299 suara atau 38 persen. Kemudian diurutan kedua Paslon Masrun-Habib (Manthab) disusul AHZ- Aswantara diurutan ke tiga, Paslon Prayatni-Sumum (PAS) diurutan keempat serta Paslon Saswadi-Dahrun. (SADAR) diurutan ke lima. (O2JNTB)l.

0 komentar:

Posting Komentar