Kegiatan Reses Wirajaya Temui Basis Pemilihnya.


PRAYA.Journal NTB.Com-
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi NTB HL Wirajaya S,sos mengisi istirahat masa sidang  pertama tahun 2021 ini dengan melakukan kunjungan kerja ke daerah pemilihannya (Dapil) Tujuh meliputi Praya Kota, Praya Tengah, Janapria, Kopang, BKU, dan BK. Kunjungan tersebut adalah dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat/konstituen untuk dijadikan sebagai bahan kajian DPRD untuk dimasukkan ke dalam pokok-pokok pikiran DPRD dalam pembahasan program pembangunan ke depan.
Anggota Dewan  Fraksi Gerindra dari komisi V itu menjelaskan hal tersebut di atas terkait kegiatannya merupakan suatu kewajiban anggota dewan dalam melaksanakan fungsinya.
"Reses masa sidang pertama ini berlangsung kami sudah laksanakan di masing masing Desa/Kelurahan sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Rapat Banmus bersama Pemerintah Daerah, kita DPRD Provinsi mengisinya dengan kunjungan ke daerah pemilihan untuk menjemput aspirasi masyarakat/konstituen." jelasnya Rabu (17/02/2021).
Wirajaya menjelaskan,
Aspirasi yang ditampung dari masyarakat ini nantinya akan dikaji di DPRD secara kelembagaan, dari hasil kajian akan disusun berdasarkan skala prioritas menjadi pokok-pokok pikiran DPRD dalam penyusunan rencana pembangunan daerah," ujarnya.
Lanjut Wirajaya Terkait kunjungan Reses didapilnya dalam rangka mengisi reses tersebut masyarakat  sangat berharap, dapat menjaring aspirasi yang benar-benar urgen bagi kepentingan masyarakat luas. Sebagai perwakilan masyarakat di pemerintahan, saya harus memiliki keberpihakan terhadap masyarakat dalam perencanaan pembangunan daerah.
"Jadi kami ketika datang ke basis pemilih benar-benar memanfaatkan kesempatan ini untuk menampung aspirasi dari konstituen. Menjaring aspirasi sekaligus berkomunikasi dengan masyarakat sehingga terjalin hubungan kerjasama yang lebih baik lagi," harapnya.
Menampung aspirasi masyarakat, merupakan salah satu tugas dan tanggungjawab kita sebagai anggota legislatif selain tiga tugas pokok dan fungsi (tupoksi), penganggaran, legislasi dan pengawasan. Semua itu saling berkaitan karena untuk memasukkan pokok-pokok pikiran DPRD ke dalam rencana pembangunan harus melewati proses penganggaran.

"Ketika menemui masyarakat konstituen, sekaligus bisa dimanfaatkan guna melakukan tugas pengawasan untuk mengevaluasi program pembangunan yang telah berjalan," ujarnya. Untuk prioritas Kedepan pihaknya berharap pekerjaan infrastruktur jalan khususnya Praya Tengah bisa terlaksana sesuai apa yg diinginkan masyarakat. (O2JNTB).

0 komentar:

Posting Komentar