Serda Edi Afwan Babinsa Koramil 1620-7/Batukliang Bantu Petani Panen Padi



Lombok Tengah - Journal NTB.Com-Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di wilayahnya, anggota Babinsa Koramil 1620-07/Batukliang, Kodim 1620/Loteng, melakukan pendampingan dan pengawalan dengan membantu panen padi petani.

Babinsa Pagutan Serda Edi Afwan membantu panen padi di poktan Bakti Karya seluas 60 Are bersama masyarakat di Dusun lendang Buwuh Desa Pagutan Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah, Kamis (04/02/2021).

Danramil 1620-07/Batukliang Kapten Chb Heri Susanto mengatakan, anggota TNI terjun langsung membantu petani. Dan tidak saja pada saat panen, tapi juga ketika petani menggarap lahan dan menyiangi tanaman padi.

"Setiap anggota Babinsa secara rutin wajib melakukan pembinaan dan patroli wilayah. Saat ada agenda keramaian di desa, anggota TNI melakukan pengamanan bersama jajaran Polri dan Satlinmas, guna tetap menjaga kondusivitas Kamtibmas," katanya.

Lanjutnya, bila ada petani kebetulan tengah menggarap lahan, menyiangi tanaman atau panen padi, Babinsa langsung terjun ke sawah, untuk membantu. 

"Keterlibatan Babinsa ke lahan sawah ini, sebagai bentuk perhatian terhadap peningkatan ketahanan pangan di masyarakat," ucapnya. 

Ia pun menambahkan, Babinsa Pagutan yang saat ini ikut memanen padi di lahan poktan Bakti Karya tidak hanya bantuan saat panen saja melainkan dimulai dari proses memotong tanaman padi, hingga nggepyok dan mengangkut hasil panen ke jalan, untuk selanjutnya dibawa ke rumah petani.

"Kita berharap dengan kehadiran babinsa ini bisa memotivasi semangat warga dalam bertani dan bercocok tanam. Dengan turut bergabung dan berbaur bersama petani, terjadi kemanunggalan antara anggota TNI bersama masyarakat," tutupnya.(**)

0 komentar:

Posting Komentar