Tingkatkan Produktivitas Petani di Desa Binaannya Babinsa Jajaran Kodim 1607/Sumbawa Lakukan Pendampingan Hanpang.

Sumbawa.journalntb.com – Upaya pemerintah dalam mendukung program, khususnya swasembada pangan, Anggota Kodim 1607/Sumbawa turut serta melaksanakan pendampingan menanam padi. Kegiatan dilakukan di beberapa wilayah masing-masing Koramil jajaran Kodim 1607/Sumbawa seperti yang dilakukan Anggota Koramil 03/Ropang, Koramil 07/Lunyuk, Koramil 09/Utan Rhee dan Koramil 12/Moyo Hilir melaksanakan pendampingan Hanpang (Ketahanan Pangan). Senin (01/02/2021).

Dalam hal ini guna mensukseskan hal tersebut Koramil 07/Lunyuk melalui Babinsa desa Suka Maju Sertu M. Hatta melaksanakan pendampingan menanam padi dengan luas lahan 2 hektar bersama Poktan Srinadi desa Suka Maju Kecamatan Lunyuk. Kemudian Serda Sulaiman Babinsa desa Pukat Koramil 09/Utan Rhee melaksanakan pendampingan menanam padi bersama Poktan Harapan Maju dusun Jerongko desa Pukat Kecamatan Utan dengan lahan seluas 3 hektar dengan sistim tanam jajar legowo.

Koramil 12/Moyo Hilir melalui Koptu Hery Setiawan Babinsa desa Songkar melaksanakan pendampingan pemupukan tanaman padi seluas 1,5 hektar bersama Poktan Orong Ode desa Songkar Kecamatan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa. Sedangkan Babinsa Lenangguar Koramil 03/Ropang Serda Aminullah melaksanakan pendampingan pemupukan tanaman padi dengan luas lahan 1,2 hektar bersama Poktan Kuwang Panan desa Lenangguar Kecamatan Lenangguar Kabupaten Sumbawa.

Dalam kesempatan itu di tempat yg berbeda Komandan Kodim 1607/Sumbawa Letkol Kav Rudi Kurniawan, S.Sos, M.Tr (Han) menyampaikan, "Kegiatan pendampingan kepada kelompok tani merupakan kegiatan rutin yang kami laksanakan, ini sudah merupakan tugas kami sebagai aparatur kewilayahan membantu para petani dalam hal bidang pertanian yang merupakan wujud Kemanunggalan TNI- Rakyat", ujar Dandim.

Dandim 1607/Sumbawa memerintahkan anggota jajarannya untuk melaksanakan kegiatan ini dengan penuh rasa semangat dan juga menumbuhkan semangat tinggi terhadap para petani dalam melakukan pendampingan, bukan hanya saat panen raya saja tetapi juga di saat penyemaian bibit, pengolahan lahan sawah, perawatan sampai panen. Seperti saat ini yang sedang mereka lakukan adalah sebagai wujud rasa kepedulian terhadap para petani.

Dandim juga mengatakan, "Anggota jajaran yang kami turunkan di lapangan bertujuan untuk membantu dengan harapan dapat memberikan motivasi dan nilai positif bagi petani agar lebih bersemangat dalam bekerja guna meningkatkan ketahanan pangan masyarakat terutama di wilayah Kabupaten Sumbawa," kata Dandim. (Red).

0 komentar:

Posting Komentar