Desa Embung Raja Lotim Terapkan pelaksanaan Prokes, Wujud Nyata Mensukseskan Kampung Sehat jilid 2.


Lombok Timur, Journal NTB-Com-
Desa Embung Raja sudah mempersiapkan satu dusun dalam mengikuti lomba Kampung Sehat Jilid 2. Yaitu Dusun Gegerung Timur. Dimana dusun ini sebagai dusun bersih yang menjadi icon desa dalam menyambut pelaksanaan lomba Kampung Sehat. Yang tak kalah menariknya adalah wisata Bendungan Pandan Duri yang biasanya didatangi ratusan wisatawan dan pemancing ikan dari beberapa daerah di pulau lombok.

" Program ini sangat menarik bagi kami saat Kapolda NTB Irjend Pol Muhamad Iqbal S.I.K. mencanangkan Program Kampung Sehat Jilid 2. Program ini menjadi edukasi hidup sehat bagi seluruh waga desa Embung Raja."  Hal ini disampaikan Kepala Desa dalam jumpa Wartawan dan bincang santai dikantornya. Jumat ( 19/03/2021).

Kepala Desa Embung Raja Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur Muhamad Thayib mengatakan,   " Kami  seluruh warga desa sudah siap berlomba dengan desa-desa yang lain di NTB, mengikuti Lomba Kampung Sehat Jilid 2. Persyaratan yang dibutuhkan seperti Pos Kesehatan, rumah Isolasi mandiri dan lain-lain sudah kami persiapkan." Terang Thayib.

Lanjut nya, 
Kampung Sehat sangat dinanti warga Embung Raja sebab program ini banyak manfaatnya bagi warga kami selain kita dapat pengetahuan tentang pencegahan penyebaran Virus corona, kita juga jadi membiasakan diri dengan hidup bersih baik diri kita sendiri ataupun dilingkungan sekitar kita. Sekarang masyarakat sadar bahwa mentaati serta melaksanakan 5M begitu penting. Ungkapnya.

 
Desa Embung Raja memiliki beberapa program-program unggulan yang dimanfaatkan masyarakatnya dalam  meningkatkan perkapita  income mereka. Seperti program unggulan KJA ( Keramba jaring Apung) di Bendungan Pandan Duri menjadi sentra ekonomi kerakyatan masyarakat Desa Embung Raja. Masyarakat disekitar embung banyak diuntungkan dari menangkap ikan dan udang. Disisi lain
peternakan penggemukan  sapi, produksi batako, pertukangan serta banyak lagi yang ada di masyarakat Embung Raja.

" Diera pandemi covid sekarang ini masyarakat kami yang banyak bekerja di luar kota seperti di Bali kembali kedesa kami. Memanfaatkan alam pertanian dan Bendungan untuk mencari nafkah. Inilah berkah yang diberikan Tuhan kepada kami masyarakat Desa Embung Raja. Yang mempunyai kekayaan alam yang melimpah. Sehingga pada saat musibah covid seperti sekarang ini dan saat perekonomian tidak menentu kami masih bisa bertahan mencari nahkah untuk  menghidupi keluarga."  Terangnya.

Antisipasi ratusan kadatangan wisatawan apalagi pemancing yang datang ke Bendungan Pandan Duri memberikan PR tersendiri bagi pemerintahan desa.
Dalam hal ini, Kepala Desa Pandan Duri juga  menjelaskan, 
Kami selalu melaksanakan operasi  masker bersama muspika. Serta selalu mensosialisasikan tentang 5 M kepada warga dan pendatang. Sebab kami tidak mau penyebaran virus itu justru datang dari pendatang yang memasuki wilayah kami. 
Kami juga melakukan pembatasan wisatawan dan ratusan pemancing dalam mengantisipasi penyebaran virus Covid19. Tutupnya.( 
SHN-Fjr ).

0 komentar:

Posting Komentar