Desa Selagik Lotim Bangkitkan Perekonomian Desa Sukseskan Kampung Sehat Jilid 2.


Lombok Timur, Journal NTB--Com-
Program Kampung Sehat 2 Nurut Tatanan Baru yang diinisiasi  Kapolda NTB Irjen Pol. Mohammad Iqbal, S.I.K., disambut baik warga Desa Selagik Lotim NTB sebab program Kampung Sehat memberi manfaat yang positif dalam melakukan kebiasaan baru dimasa pandemi Covid-19. Kebiasaan memakai masker, mencuci tangan memakai sabun, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan atau yang lebih dikenal dengan sebutan 5 M menjadi kebiasaan rutin yang dilakukan warga Desa Selagik. Warga Desa Selagik sadar bahwa dalam memerangi penyebaran dari wabah Virus Corona Covid 19 masyarakat harus mentaati aturan dan anjuran dari pemerintah.

Dalam mendukung suksesnya progam Kampung Sehat Jilid 2,  Desa Selagik Terara Lombok Timur NTB sudah menyiapkan sarana Rumah Isolasi mandiri khusus Covid 19. Rumah isolasi ini sudah siap tinggal menunggu sarana dan prasarana untuk kebutuhannya. Demikian juga dengan pos kesehatan mereka  sudah mempersiapkan lokasi disekitar kantor desa.
Sedangkan untuk masalah dampak perekonomian akibat musibah covid Desa Selagik memiliki cara tersendiri. Dimasa pandemi masyarakat desa berusaha untuk membangkitkan Perekonomian masyarakat desa lewat Pengolahan sampah dan Pengembangan Bumdes  serta menghidupkan sentra Konveksi. Kegiatan ini menjadi program unggulan Desa Selagik.  

Menyambut sukses nya program  Kampung sehat jilid 2. Warga Desa Selagik menunggu berkah seperti tahun yang lalu.

Kepala Desa Selagik Hamdan Firdaos, A.md. saat bertemu wartawan dikantornya Kamis ( 18/03/2021) mengatakan, 
" Desa Selagik adalah desa yang paling banyak warganya sebagai pekerja konveksi. Sentra konveksi ini menjadi harapan masa depan warga Desa Selagik. Kini dampak pandemi Covid -19 membuat pendapatan konveksi masyarakat menurun. Ditahun 2020 lalu musibah Covid membawa berkah bagi warga kami, sebab konveksi didesa selagik kebanjiran order. Produksi masker terbesar di NTB ada pada desa kami." Jelas Kades.


Ditahun ini ujian dari musibah Covid masih berlanjut. Kini masyarakat desa mencoba untuk bangkit meski musibah virus ini belum berlalu.


Kami berharap dari pemerintah Kabupaten ataupun Pemerintah Provinsi bisa memfasilitasi untuk mengalokasikan dana bagi centra konveksi didesa kami. Misalnya untuk seragam sekolah agar pesan di konfeksi kami. Ini salah satu contoh, hal pesanan konveksi yang lain tidak usah disebutkan pemerintah kan tau. Dari sinilah kami akan terbantu dan perekonomian kami bisa berjalan. Ini adalah upaya kecil untuk memperbaiki roda perekonomian masyarakat di desa kami. Terang kades penuh harap.

Kades Selagik juga menyampaikan, 
Bumdesmart Desa Selagik juga dikembangkan. Kegiatan Bumdes dimanfaatkan warga desa dalam membangkitkan geliat perekonomian dimasa pandemi. Selain itu pengolahan sampah juga menjadi program serius yang diagendakan dalam membangkitkan roda perekonomian warga. " Pegolahan sampah dapur dan sampah lingkungan sudah kami lakukan. Dan rencananya kami akan manfaatkan sampah dilingkungan kami agar menjadi nilai jual dan dapat membantu pendapatan warga. Saat ini kami sedang menunggu bantuan mesin pengelolaan sampah dari pemerintah sebab kami sudah mengajukannya. Upaya ini kami lakukan seiring dengan adanya program Kampung Sehat 2. Inilah yang kami tunggu. Wellcome  Kampung Sehat 2."  Tutup Kades.

Disisi lain Kapolsek Terara AKP I Ngurah Wirawan saat berjumpa dengan media menyampaikan bahwa, pihaknya bersama jajaran sangat mendukung sekali atas suksesnya pelaksanaan program Kampung Sehat 2. Saat ini.
( SHN-Fjr ).

0 komentar:

Posting Komentar