Desa Semparu siap Sukseskan Kampung Sehat Jilid 2, Siap Jadi Juara.


Lombok Tengah NTB, Journal NTB.Com-
Dalam menyambut penyelenggaraan lomba Kampung Sehat 2 yang di pelopori Kapolda NTB Irjend Pol Mohamad Iqbal S.I.K. Desa Semparu Kecamatan Kopang Lombok Tengah NTB siap menjadi juara. Hal ini disampaikan Kepala Desa Semparu kepada media Selasa 30/03/2021 di kantor Desa Semparu Lombok Tengah.

Kepala Desa Semparu Lalu Ratmaji Hijrat mengatakan, kami sudah siap untuk ikut lomba Kampung Sehat jilid 2 sebab apa yang menjadi persyaratan lomba kami penuhi. Mulai dari kebersihan lingkungan, perlengkapan Prokes, Pos Kesehatan, Rumah Isolasi dan lain- lainnya. Pokoknya Desa Semparu siap menangkan Lomba." Jelas Ratmaji optimis.

Ada yang menarik dari kegiatan desa ini. Saat wartawan berkunjung di Desa Semparu. Kegiatan Donor darah mewarnai aktifitas hari itu.

Kegiatan Donor darah ini sudah lama kami lakukan. 
Berawal dari ulang tahun desa diisi dengan acara donor darah. Dari sinilah program donor darah ini berjalan. Alhamdulillah Masyarakat Semparu antusias dengan Donor darah ini, sebab setiap warga yang baru donor merasa badanya lebih bugar. Dan kegiatan ini akan di programkan setiap tiga bulan sekali. Apalagi program donor ini sangat membantu sesama yang membutuhkan darah. Jelas Kades.

Menjawab tantangan ekonomi produktif dimasa pandemi Covid sekarang ini, Desa Semparu masih menunjukkan geliat perputaran perekonomian di masyarakat. Hal ini terbukti dengan adanya produk unggulan desa yaitu produksi Opak dan Renggi ( Krupuk dan Rengginang. Red). Khas Lombok Tengah. " Pusat produksi Opak dan Renggi di Lombok Tengah  ini ada di Desa Semparu. Hingga warga dari desa lain pesan dalam jumlah besar untuk hajatan pasti di Semparu." Terang kades.


Program unggulan UMKM  Desa Semparu bidang ekonomi ini terletak di Dusun Jelateng Gubuk Goak. Produksi Renggi dan Opak. Pengerjaan produk ini masih tradisional. Sempat beberapa bulan yang lalu ada pembinaan dari DPMD ( Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) kabupaten. Mengingat produk Renggi dan Opak ini sangat di minati oleh masyarakat, untuk prospek kedepan luar biasa disarankan untuk dikemas dengan baik supaya dapat di pasarkan dipasar nasional bahkan sampai internasional.

" Dalam melakukan aktifitas sehari hari warga kami pelaku UMKM ini selalu mentaati dan menjalani Protokol kesehatan, meski sambil bekerja. Dalam menuju UMKM yang mandiri kami membutuhkan bimbingan dari pemerintah dan dinas terkait dalam memgembangkan UMKM di desa kami. Sebab kami juga mengingginkan agar produk UMKM kami bisa terangkat. Jika ini bisa terwujud maka dapat mensejahterakan ratusan warga kami pelaku UMKM." Tambah Kades penuh harap.

Dalam kesempatan yang sama Kapolsek Kopang  AKP Suherdy menilai,  Kampung Sehat 2 ini adalah sebagai kesempurnaan pendidikan kesadaran masyarakat terhadap pencegahan penyebaran Virus Covid 19. Sehingga ketahanan pangan di masyarakat tetap terjaga meski di masa pandemi.
Mari kita sama sama bahu membahu dalam memerangi penyebaran virus yang melanda. Tanpa kebersamaan tidak akan bisa terwujud.

Hal senada juga disampaikan Bhabinsa Desa Semparu  Sertu Tamrin dari Koramil 03 Kopang Lombok Tengah menjelaskan, Untuk tiga pilar diwilayah Desa Semaparu yaitu Pemdes, Bhabinsa dan Bhabinkamtipmas selalu bersinergi manjalankan penerapan protokol Kesehatan kepada masyarakat. Dalam memerangi penyebaran virus Covid 19. Inilah yang selalu di jaga agar bersama sama dalam perang melawan Covid melalui Kampung Sehat. Tutupnya. ( SHN).

0 komentar:

Posting Komentar