Dinas Koperasi NTB Siap Bangkitkan UMKM,Melalui Program Aksi Bela Beli Produk Lokal


Mataram,  Journal NTB.Com-

Dinas Koperasi Provinsi NTB bersama Asosiasi Epicenter Penggusaha Muda  Mandiri hidupkan galeri UMKM. Program ini berlangsung di Galeri UMKM Dinas Koperasi Prov. NTB Jl. Airlangga Kota Mataram.  Selasa, Maret 2021. Dalam upaya menarik pengunjung Diskop bersama Asosiasi membuat bazar produk UMKM serta galeri produk UKM yang siap di pasarkan. Galeri ini menjual ribuan produk hasil UMKM diseluruh NTB.

Kini masyarakat NTB  pelaku UKM tak perlu khawatir lagi akan produk yang mereka produksi tidak tersalurkan. Sebab galeri UKM yang berada di Dinas Koperasi ini siap memasarkan hasil produksi UMKM.
Kadiskop Prov.NTB Drs.H.Wirajaya Kusuma,MH   dalam jumpa Pers dengan puluhan awak media mengatakan, 
" Bale Kampung UMKM ini mengawali kegiatanya dengan event bazar sembako dan produk UMKM. Kita optimalisasikan fungsinya sebagai etalase produk UMKM dari masyarakat di seluruh NTB.
Kami mengacu pada Pergub 43 tahun 2020 tentang pemberdayaan UMKM
Melalui program aksi Bela Beli Produk lokal. Jadi produk yang tidak masuk di NTB MAll bisa dimasukkan melalui kita. Kami berharap Dinas Koperasi ini sebagai salah satu OPD yang memberikan akses seluas luasnya untuk UMKM kita melalui media sosial maupun penjualan langsung seperti yang ada digaleri kita saat ini. Yang pasti kita memberikan edukasi kepada masyarakat untuk cinta produk lokal. Cintai produk Indonesia. Jelas Kadis.

Menurut data di Dinas Koperasi pelaku usaha Mikro di NTB  sebanyak 38999 yang sudah terdata. Hal ini memberikan pekerjaan rumah yang tidak gampang bagi Dinas Koperasi untuk mengakomodir agar perputaran perekonomian di masa pandemi Covid-19 ini tetap berjalan.

Dalam keaempatan yang sama Ketua Asosiasi Epicenter Penggusaha Muda Mandiri  H.Yance Hendra Dira mengatakan, Kami hadir saat ini untuk memberikan semangat bagi semua UMKM di NTB,  memfasilitasi pemasaran ke pasar nasional hingga manca negara. Disini kami juga membantu menyediakan bahan baku untuk para UKM dengan pembelian harga yang murah. Juga bisa membeli dengan jangka waktu yang di tentukan. Program ini kami berikan agar mempermudah dan meringankan beban UMKM. Jelasnya. 

Yance melanjutkan, Galeri ini menjadi marketplace untuk UKM, sebab itu semua  produk UKM yang siap dipasarkan silahkan dibawa dan datang kemari. Kita akan bantu pemasarannya.
Kita juga mendampingi dan memberikan pelatihan pelatihan terhadap UKM agar produk yang dihasilkan bisa memenuhi standart pasar. Terangnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Novarida Retno Humas Asosiasi Epicenter Keluarga Muda Mandiri bahwa, dirinya bersama UKM sangat mengapresiasi sekali kegiatan ini. Diharapkan apa yang sedang berjalan ini di dengar oleh seluruh masyarakat Nusa Tenggara Barat untuk hadir dan membeli produk buatan anak negeri.(Sn)

0 komentar:

Posting Komentar