HMS : Penyuluh Pertanian Harus Tetap Semangat

Sumbawa Besar.journalntb.com-
Dalam pemberdayaan petani untuk meningkatkan hasil yang maksimal. Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) difokuskan pada pengembangan SDM dan kelembagaan petani dengan tujuan untuk mewujudkan SDM pertanian yang kreatif, inovatif, dan berwawasan global.Dilaksanakan di Hotel Sernu Kabupaten Sumbawa Besar.

Pelaksanaan Harian(Plh) Bupati Sumbawa Drs.H.Hasan Basri.MM mengatakan, kegiatan pendidikan dan pelatihan (Diklat) penyuluh dalam rangka peningkatan kompetensi penyuluh yang dihadiri para penyuluh pertanian, kelompok tani (Poktan) dan para petani.

"Peningkatan kompetensi petani dipandang sangat perlu karena meskipun kita potensi lahan banyak ketika sumberdaya manusia (SDM) tidak kompeten tentunya tidak mendapatkan hasil yang banyak" Kata Plh H.Hasan saat di konfirmasi media via seluler Selasa (2/3/21).

Lanjut H.Hasan,kita punya potensi besar karna Sumbawa NTB memiliki lumbung besar nasional dan penyangga pangan nasional tentu wajib meningkatkan SDM nya, supaya kita tetap menjadi lumbung dan penyangga nasional.Maka kita tingkatkan SDM nya seperti contoh dalam 1 hektar penghasilannya 8 ton, dengan adanya kompetensi ini tentunya penghasilannya semakin meningkat.

"Sebagai Pemda berharap kegiatan ini selalu terus dilanjutkan dan ditingkatkan, sehingga para penyuluh,Poktan dan para petani kita bisa mengikuti perkembangan teknologi, sehingga bisa meningkatkan produksi petani"harapanya

Anggota DPR RI Fraksi PAN Komisi IV Dapil 1 Pulau Sumbawa H.Muhammad Syafrudin,ST.MM yang akrab disapa HMS menambahkan,pelatihan Bimtek (bimbingan teknik) kepada para penyuluh pertanian, kelompok tani dan petani di kabupaten Sumbawa Besar.

"Kalau sudah meningkat produk petani, maka pendapatan petani meningkat tentu Indonesia akan sejahtera.Kegiatan ini dilakukan oleh BPPSDMP  (Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian) Departemen Republik Indonesia untuk meningkatkan kompetensi penyuluh seluruh Indonesia, dan hari ini kita ambil lokasi di kabupaten Sumbawa Besar"kata HMS (Rozak).


0 komentar:

Posting Komentar