MCC Dipersiapkan untuk Mendukung Pariwisata Pasca Pandemi.



Mataram---Journal NTB.Com,
Mataram Craft Center (MCC), 
gedung berlantai dua ini  berdiri kokoh terletak diperempatan Sekarbela dan Pagutan tepatnya di Kelurahan Sekarbela Kecamatan Sekarbila Kota Mataram NTB. Gedung MCC ini semula di bangun untuk penjualan mutiara,  tapi ironisnya beberapa tahun belakangan ini sepi pengunjung. Sepinya pengunjung membuat Pemkot Mataram mengambil inisiatif untuk mengaktifkan kembali  dan dipersiapkan  untuk mendukung program pariwisata dikota Mataram pasca pandemi Covid 19.

Melalui Dinas Perindustrian Kota Mataram bagunan ini dikemas untuk stan jualan mutiara produk lokal masyarakat Kota Mataram.

Wakil Walikota Mataram  TGH, Mujiburahman bersama jajaranya meninjau gedung MCC didampingi Kadis Perindustrian, Kadis Pariwisata, Kadis Kominfotik Kota Mataram serta beberapa awak media baik Cetak, Elektronik dan Online.

Wakil Walikota Mataram TGH. Mujiburahman dalam kunjungannya di MCC mengatakan,
Kunjungan saya kali ini dalam rangka memanfaatkan MCC yang lama tidak bergerak secara komersial. Untuk menarik minat pembeli masyarakat serta pengunjung apalagi wisatawan baik lokal maupun manca negara. Dalam hal ini pemerintah menginginkan agar MCC ini ramai pengunjung." Jelas nya. MCC sejatinya disiapkan tidak hanya tempat menjual mutiara akan tetapi pengunjung juga bisa melihat bagaimana proses produksi pembuatan mutiara. 


Namun selama ini belum ada magnet untuk menarik pengunjung ke MCC, dan melalui penataan ulang maupun promosi yang di lakukan merupakan salah satu upaya untuk menghidupkan kembali MCC. Terang Wakil Walikota. 


Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Perindustrian Kota Mataram menyampaikan kepada awak media,  " upaya baik ini mudah mudahan bisa terealisasi sebab kita sudah berupaya maksimal dengan adanya bangunan yang sudah direfitalisasi dengan anggara 1.5 Milyart segera bisa terwujut." Jelanya.

Lebih lanjut Yuli mengatakan rencananya gedung MCC ini tidak hanya untuk penjualan mutiara, akan tetapi untuk usaha kuliner serta foodcourt untuk pengunjung yang datang. 



"Untuk penataan gedung MCC ini nantinya akan di serahkan ke forum yang berjumlah 120 orang yang akan di bentuk, Pemerintah hanya mengawasi" Ujarnya. 



Selain itu Yuli berharap kedepannya untuk OPD apabila ada tamu dinas berkunjung dari luar kota agar di terima di MCC. Sekaligus mempromosikan kerajinan mutiara produksi pengrajin kita.Tambahnya.


Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram yang ikut dalam rombongan menyampaikan, bahwa dirinya  menyambut baik atas diaktifkanya Gedung MCC ini, sebab pegiat wisata yang datang di Kota Mataram akan dapat menikmati belanja oleh oleh mutiara. Pihaknya juga akan bekerja maksimal untuk meramaikan pengunjung MCC lewat wisatawan dan tamu - tamu OPD yang datang di Kota Mataram. 

Ketua asosiasi pengrajin mutiara kota mataram Haji Fauzi, SE saat diwawancarai awak media menjelaskan,  

" Sebagai penghasil mutiara terbaik didunia kita akan bangkitkan kembali geliat pasar mutiara melalui asosiasi bersama pemerintah Kota Mataram. Kami juga bekerjasama dengan HPI dalam pemasaran mutiara. Kitapun juga akan menerapakan standart harga agar tidak merusak haraga di pasaran karena akan mempengaruhi minat beli wisatawan.
Ketua Asosiasi Pengrajin Mutiara ini juga mengapresiasi Pemerintah atas fasilitas gedung MCC yang bisa di manfaatkan untuk menjual hasil kerajinan mutiara. ( Shn-Fjr).

0 komentar:

Posting Komentar